Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Monday, May 30, 2011

Apakah Sugar Glider itu???

Apakah Sugar Glider ???

Sugar glider(Petaurus breviceps) adalah marsupial arboreal kecil yang ditemukan di hutan Australia, serta di Tasmania, New Guinea, dan pulau-pulau tetangga Indonesia. Makhluk kecil ini adalah anggota urutan yang sama yang meliputi kanguru, oposum, wombat dan Tasmanian devil!






Sang betina akan membawa anaknya dalam kantung (disebut joeys). Joey akan melampirkan dirinya pada puting induknya di dalam kantong. Memerlukan waktu sekitar 60 hari sejak lahir sampai keluar dari kantong. Sugar glider adalah binatang malam dan karena itu paling aktif di malam hari. Mereka banyak tidur di siang hari dan harus memiliki tempat yang gelap untuk bersembunyi dari cahaya. Pada siang hari mereka senang berada di kantong baik di kandang mereka, di leher anda, atau bahkan di saku baju atau bra anda. ( hanya bisa membayangkan ketika anda mendapatkan sugar glider anda muncul kepala keluar dari baju atau saku.)




Sugar Glider adalah hewan yang sangat sosial dan di alam mereka tinggal dalam koloni besar. Mereka lebih memilih untuk tinggal di berpasangan atau dalam kelompok dan mereka memerlukan banyak waktu berinteraksi dengan setiap manusia di hari-hari mereka. Jika anda cukup beruntung untuk memiliki sugar glider yang telah disosialisasikan dan terikat kepada anda ini bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Mereka suka berada di kantong bulu (pouch) atau di baju atau saku. Sugar Glider mungkin manis, penuh kasih dan menyenangkan dan masing-masing binatang punya kepribadian sendiri, suka dan tidak suka. Mereka ingin tahu dan suka bermain, seperti anak kucing, tetapi mereka dapat melompat jarak yang jauh seperti Amerika Flying Squirrel. Mereka memiliki membran meluncur tipis disebut Patiguim (flap kulit yang tercakup dalam bulu) yang membentang dari pergelangan tangan ke pergelangan kaki dan memungkinkan mereka untuk meluncur jarak jauh. Mereka pelompat yang sangat baik, dan membutuhkan kandang BESAR dengan bar tidak lebih dari 1 / 2 inci, kantong bulu (pouch kandang) dan banyak mainan dan tempat untuk melompat dan memanjat. Oleh karena itu kandang yang besar dan tinggi sangat disarankan. Jangan menggunakan kayu kecuali anda yakin sugar glider anda aman, dan ingat sugar glider bukan merupakan hampster atau guenia pig dan banyak hal dapat menjadi racun bagi mereka.








Sugar Glider bisa hidup sampai 15 tahun jika mereka dirawat dengan benar. Sayangnya, glider cenderung dijual sembarangan. Mereka dijual di pasar hewan, seperti pasar burung barito, pasar burung jatinegara, lapangan banteng, pasar burung pramuka (semua di Jakarta), dan beberapa toko hewan peliharaan (pet shop) yang tidak peduli / merawat mereka dengan benar. Tujuan mereka adalah untuk mencari keuntungan semata, tidak untuk memastikan mereka memiliki sugar glider yang baik dan benar. Biasanya pengetahuan yang benar ketika pembeli datang untuk membeli tidakdiberikan dengan baik dan benar dan kadang-kadang mereka akan dikirim pulang dalam kandang hamster, dengan hanya memberitahukan diberi makan buah2an saja sudah cukup. Sugar Glider membutuhkan kandang BESAR dengan ruangan yang luas untuk melompat dan meluncur. Mereka perlu diet khusus dan makanan segar setiap hari. Ini bukan hewan peliharaan yang hanya cukup tempatkan makanan saja setelah itu bisa anda tinggalkan begitu saja. anda harus menghabiskan setidaknya  2 jam sehari dengan sugar glider anda untuk bersosialisasi dengan baik kepadanya. Mereka perlu interaksi ini dan bisa mati tanpa itu. Stres dapat membunuh sugar glider anda, serta penyakit, gizi buruk, dan dehidrasi. Makanan sugar glider bisa mahal dan memerlukan waktu untuk mempersiapkannya. Ada buah segar dan sayuran yang telah dipotong dan ulat atau jangkrik. Mereka perlu dicintai dan memiliki teman bermain dan disayang. Sering kali setelah mendapatkan sugar glider, sugar glider ditinggal sendirian dengan alasan sibuk oleh pekerjaan atau bosan dengan sugar glidernya. Jika sugar glider dilatih dan dirawat dengan benar disosialisasikan dan sudah terbiasa dalam kantong baju (dilatih untuk tinggal di saku baju atau kantong saat anda pergi untuk tugas-tugas sehari-hari anda) tapi dapat menjadi agresif jika anda tidak menghabiskan jumlah yang tepat setiap waktu bersamanya sehari-hari.









Sugar glider merupakan hewan sosial secara alami dan harus memiliki banyak kontak dengan pemilik mereka untuk secara sosial terpenuhi. Sugar glider aktif di malam hari (terjaga di malam hari), maka akan lebih baik untuk memiliki sedikitnya 2 sugar glider sehingga mereka dapat menjaga satu sama lain di malam hari saat anda sedang tidur dan mereka terjaga. Meskipun mereka aktif di malam hari, masih ada banyak waktu untuk menghabiskan dengan sugar glider anda sepanjang hari. Karena mereka adalah marsupial, mereka ingin meringkuk dalam kantong selama siang hari saat mereka tidur. Hal ini sangat sederhana untuk membawa sugar glider anda dengan anda hampir di mana pun anda pergi. Saya  sering-kali membawa mereka ketika saya bekerja. Mereka begitu kecil dan tenang selama siang hari, bahwa kebanyakan orang tidak akan bahkan tidak sadar bahwa anda memiliki mereka bersama anda. Mereka hampir selalu bangun untuk sedikit mendapatkan perhatian dari anda pada siang hari. Harap diperhatikan sugar glider jangan terkena / terpapar matahari langsung, karena dapat menyebabkan matanya buta.





Jika anda serius mempertimbangkan mengadopsi sugar glider sebagai teman baru anda, silakan lakukan BANYAK penelitian di sebelumnya.


saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk

0 komentar:

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP