Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Sunday, June 5, 2011

Kandang yang baik untuk Sugar Glider

Sugar glider dewasa dapat menyesuaikan diri di temperature sekitar (18°-31°C). Suhu dibawah itu memerlukan wadah yang hangat atau suatu tempat dimana mereka dapat berpelukan (jika sepasang) agar hangat satu sama lain.
Ada banyak pendapat tentang kandang SG yang baik. bahkan ada beberapa adopter yang tidak meletakkan SG nya di dalam kandang alias membiarkan bebas di dalam rumah/tempatnya. Semua itu ada kelebihan dan kekurangannya. Meletakkan atau membiarkan sg di dalam rumah/tempat/kamar sebenarnya tidaklah dilarang. Tapi hal ini sangat tidak dianjurkan. Banyak hal buruk yang dapat terjadi. Sugar Glider pada umumnya adalah hewan yang selalu penasaran akan lingkungannya, jika kita membiarkan dia lepas begitu saja, SG dapat dan senang menggerogoti benda-benda yang dia temukan. kita tidak pernah dapat menjamin kandungan yang terdapat dalam benda-benda yang digerogoti itu. Bisa saja benda itu mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi SG dan kita tidak mau hal itu terjadi pada Sugar Glider kesayangan kita kan???
Khusus bagi yang membiarkan SG nya berkeliaran atau dilepas begitu saja didalam rumahnya. Saya telah menjumpai beberapa kasus yang mengakibatkan kematian bagi SG. Pada umumnya SG tersebut mati karena tertindih ketika adopternya tertidur. Seperti kita tahu bersama bahwa SG adalah hewan sosial, dia butuh teman, bisa mengakibatkan kematian apabila SG tersebut menghampiri ownernya saat ownernya tertidur dan tidak sadar kalau SG tersebut menghampiri dan mendekatinya.

Lantas kandang seperti apa yang baik untuk Sugar Glider???

Kandang yang baik tentu saja kandang yang tinggi dan luas untuk Sugar Glider. Tapi apabila kondisi keuangan anda tidak mendukung, jangan khawatir.... Kandang seukuran 3 lantai untuk hamster juga mencukupi untuk sepasang SG. Bahkan ada beberapa adopter yang saya kenal memberikan SG mereka dengan kandang burung, tentu saja dengan bahan dari besi. Karena kandang burung dari kayu bisa mengakibatkan SG gampang lolos karena sifatnya yang lentur dr bambu jeruji kandang tersebut. Asalkan SG tersebut sering diajak maen keluar kandang agar SG tidak mengalami obesitas atau kegemukan. Dan jika meletakkan SG di luar kandang sebaiknya selalu di pantau atau dalam pengawasan. Kita tidak menginginkan suatu yang buruk menimpa SG kita kan???. Jauhkan mereka dari barang2 yang berbahaya, seperti alat listrik atau benda2 yang mengandung bahan kimia seperti cat pada furniture atau benda-benda yang terbuat dari bahan plastik yang mengandung kimia dll, serta dari lubang-lubang atau tempat yang sulit nanti kita jangkau untuk mengambil SG tersebut, hal ini terutama berlaku bagi SG yang masih belum jinak/bonded.
Selain kandang hamster dan kandang burung tersebut, ada juga adopter yang meletakkannya di kandang untuk burung beo, kandang kucing dan anjing dll. Tapi karena rongga jeruji mereka sangat lebar, tentu saja harus dimodifikasi kembali agar SG tidak mudah lolos.
Bisa juga kita membuat kandang sendiri dengan tambahan kawat ram. Khusus untuk hal ini, sebaiknya di usahakan agar kawat ram itu jangan berkarat. Gunakan kawat ram kualitas yang terbaik anti karat atau kita cat dahulu. Saya sering menemui kasus kaki dan tangan SG gampang bengkak atau terluka akibat dari kandang yang berkarat terutama SG tangkapan liar yang saya tangkar.


Apa yang kita letakkan dalam kandang ???

Hal yang terpenting adalah Pouch atau hiding place. Karena tanpa pouch atau hidey, dimana SG tersebut akan istirahat atau tidur???. Pouch atau hidey bisa terbuat dari bahan apa saja dan seperti apa, semua anda yang menentukan yang terbaik untuk SG anda. Pouch bisa terbuat dari kain bekas yang dibentuk seperti kantung, batok kelapa yang biasa sebagai tempat makan atau minum burung, kaos kaki bekas, botol minuman yang besar yang telah di bolongi untuk masuknya, rumah-rumahan hamster dll atau jika tidak mau repot bisa membeli yang telah jadi yang dijual oleh ibu julylie atau bahkan bisa membeli kepada saya. Saya pribadi lebih menyukai Pouch dari bahan kain. karena saya telah mencoba beberapa kali dengan bentuk yang bermacam-macam. Tapi akhirnya saya memilih dari bahan kain bekas. Karena apabila mereka kencing sembarangan (meski SG yang captive breed jarang kencing di pouch mereka) dapat mengakibatkan badan atau bulunya kotor oleh pup dan pee mereka, meski batok kelapa itu telah saya bolongi. Kain bekas itu telah saya jahit sedemikian rupa menyerupai kantong tanpa penutup. Dan apabila memakai bahan dari kain, rajinlah memotong kuku SG anda secara teratur. Apabila kuku SG panjang, akan menyebabkan kuku mereka menancap di kain tersebut. Sugar glider secara naluri akan berusaha melepaskan diri dari belitan itu. Tapi daripada melepaskan diri dengan menggigit kain tersebut, Sugar glider akan berusaha dengan menggigit kaki atau tangan mereka yang menancap di kain tersebut dan tentu saja hal ini dapat menyebabkan kecelakaan bagi SG. Kaki dan tangan mereka dapat berdarah karena gigitan mereka sendiri.
Bila ingin meletakkan mainan, carilah mainan yang tidak mengandung bahan kimia. Mainan dari plastik sangat tidak dianjurkan. karena kebiasaan SG dalam menggerogoti sesuatu yang dia suka/penasaran. Ada beberapa adopter yang meletakkan jogging wheel untuk hamster di dalam kandang. Bagi saya pribadi hal ini tidaklah dilarang, tapi saya tidak pernah melihat SG saya bermain dengan wheell tersebut meski telah disediakan dalam kandang mereka. Selain itu juga bisa meletakkan mainan untuk bayi manusia yang berbahan kain didalam kandang lantas di gantung dalam kandang tersebut. Anda juga bisa berkreasi dengan membuat jembatan dari tali atau pita atau bahkan dari kayu yang anda buat sedemikian rupa. Semua tergantung kreatifitas anda.
kalau boleh saran dari saya, buatlah tali-tali, bisa dari tali sepatu bekas atau pita-pita yang menggelantung seperti latihan para tentara dengan disimpul-simpul, lantas gantungkan diatas langit kandang.
Banyak yang bertanya kepada saya, "bolehkan meletakkan ranting pohon kedalam kandang untuk mereka meloncat atau bergelantungan kesana kemari???" Tentu saja jawabannya adalah boleh saja dan tentu saja ada tapi nya. Sebaiknya ranting yang digunakan jangan ranting yang mengandung getah. Keringkan dahulu ranting tersebut di terik matahari minimal selama seminggu agar benar-benar kering. Untuk jenis ranting yang baik bagi kandang tersebut, maaf sekali saya tidak bisa menyebutkannya karena saya sendiri tidak mengetahui ranting apa yang tidak mengandung getah, bahkan saya tidak pernah tahu jenis pohon. Maafkan kebodohan saya....

Alas untuk kandang.

Untuk alas kandang, kita bisa meletakkan serbuk kayu atau pasir zeolit atau koran-koran/kertas bekas, atau tissue atau kain-kain bekas dll. Sebaiknya carilah kandang yang mempunyai dasar lantai untuk kita meletakkan serbuk kayu atau pasir zeolit tersebut. Berdasarkan pengalaman lagi. Apabila tidak mempunyai lantai dasar itu sebagai perantara, serbuk kayu atau pasir zeolit itu akan mudah dan sering berantakan keluar kandang karena sifat SG yag aktif bergerak. SG tidak seperti hamster yang memerlukan pasir zeolit untuk mandinya. SG membersihkan diri dengan menjilati bagian tubuhnya satu sama lain. Tentang bagaimana cara memandikan Sg telah ada artikel terkait. Gunanya serbuk kayu atau pasir zeolit itu terutama untuk menyerap bau yang dihasilkan dari pup dan pee SG tersebut. Karena tanpa hal itu, kandang akan menjadi lembab dan banyak parasit yang sangat jelek bagi kesehatan Sugar Glider kita. Gantilah serbuk kayu atau pasir zeolit itu secara berkala untuk menjaga kesehatannya.

Tempat makan dan minum.

Tempat makan dan minum bisa dari apa saja. Bisa dari tempat makan dan minum untuk hamster, untuk burung, untuk kucing atau anjing, atau bahkan kita bikin sendiri dari botol bekas minum yang telah dimodifikasi. Bila memakai tempat makan dan minum dari hamster, sebaiknya gunakan tempat minum yang ada bola-bolanya agar air tidak mudah menggenang ke kandang untuk menjaga kebersihan kandang. Khusus untuk tempat minum bagi hamster ini. Sugar Glider kita harus dibiasakan meminum di tempat minum tersebut. Caranya dengan meletakan ujung tempat minum itu pada SG agar dia mengetahuinya. Khusus untuk Joey, apabila ingin memakai tempat makan dan minum (biasanya untuk burung) yang besar. Harap di amati setiap kali. Biasanya Joey tersebut belum tau pouch dimana mereka seharusnya tidur. Sering dijumpai Joey akan tertidur di tempat makan atau minum ini. Bila ini terjadi, segera pindahkan Joey kedalam pouch atau dengan menggiringnya kedalam pouch setelah joey makan atau minum. Usahakan agar pouch bagi joey tidak terlalu tinggi agar memudahkan Joey tersebut masuk kedalam pouch mereka.

Bolehkah saya meletakkan Heating Pad/Pemanas di dalam kandang ???

Jawabanya adalah TIDAK ...!!! Sugar glider tidak memerlukan pemanas. Kulitnya ditutupi bulu yang bisa menjaga kehangatannya. Pemanas bisa mengakibatkan kecelakaan bagi Sugar Glider. Kaki dan tangan Sugar Glider sangatlah lembut. Saya tidak bisa membayangkan apabila kaki dan tangan tersebut mengenai pemanas tersebut. Apabila lingkungan anda dingin, sediakan pouch dari bahan kain yang hangat, atau sering mengajak main SG anda, juga bisa dengan mengkekep tangan anda ke SG tersebut agar hangat.

Semoga artikel ini berguna terutama untuk calon adopter.
Tulisan ini berdasar pengalaman yang selama ini saya hadapi.
Agar lebih lengkap, berikut ini saya lampirkan kandang yang saya buat untuk Sugar glider saya.

Lebih dekatnya...
Keterangan untuk masing-masing aksesoris...


Yang bertanda ? adalah tempat terowongan untuk hamster. Karena kandang ini sebenarnya adalah kandang hamster berukuran besar. (sayang sekarang kandang ini sudah tidak bisa lagi saya temukan di pasar hewan)
Perantara antara dasar kandang juga sudah saya buatkan kembali, tapi saat ini sedang dalam perbaikan karena sudah berkarat.

Keterangan untuk dapur.

Dapur ini fungsinya agar tempat makannya tidak berantakan. Dibuat dari topless yang tidak terpakai. Didalam dapur itu ada tempat makan sg diet dan juga tempat ulet hongkong dari tempat roll film lama. Dapur ini sudah tidak saya gunakan lagi. Karena sekarang saya lebih menyukai tampat makan dan minum untuk burung karena lebih praktis.


Berikut ini gambar dapurnya

terlihat mereka berebutan masuk ke dalam dapur untuk makan...

Terlihat lebih jelas dari luar
Tempat untuk ulet hongkong dari roll bekas film dikaitkan dengan kawat, karena kalau tidak dikaitkan mudah sekali berantakan dan juga karena toplessnya sangat kecil.



Isi dari dapur itu sendiri seperti gambar berikut ini.
 Tempat makan buburnya agak kotor, karena ada bekas uletnya di samping tempat buburnya.
tempat uletnya dari bekas kotak vitamin atau bekas tempat rol film jadul, dikasi kawat utk dikaitkan di toples (karena biar gak jatuh, krn mereka suka naek keatasnya) 


saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

5 komentar:

Anonymous May 8, 2014 at 9:24 PM  

untuk perantara bawah kandang bisa bikin dimana ya? saya beli kandang kaya gitu tapi ngga dapet gituannya, terimakasih sebelumnya

Kha December 9, 2014 at 4:34 AM  

Yang sya tau, skrg malah hampir semua kandang ukuran sedang-besar sudah ada sekat(perantara) dasar kandang,om.

*Sumber: Pengalaman Pribadi.

maulana.abdul.hadi October 28, 2015 at 6:15 AM  

Saya ikut group fb, tinggal di terima doang ya.. makasi

maulana.abdul.hadi October 28, 2015 at 7:02 AM  

Saya ikut group fb, tinggal di terima doang ya.. makasi

Unknown April 28, 2017 at 8:48 AM  

Saya ingin melihara SG tapi saya bingung kalau beli,mendingan beli 1 atau sekalian sepasang

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP