KUMPULAN FOTO

ini adalah kumpulan foto di fb saya

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Monday, June 13, 2011

Makanan untuk Sugar Glider

Makanan merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan dari Sugar Glider. Banyak yang telah mempelajari makanan yang alami dan baik untuk SG dan banyak juga yang telah berusaha memberikan SG mereka dengan makanan alami yang biasa didapatkan oleh SG di alam liar. Karena ke eksotisan SG, makanan SG ini tidak bisa menyamakan mereka dengan memberikan makanan untuk hewan lainnya seperti hamster, Guinea Pig, Landak, anjing atau kucing atau pellet makanan untuk hewan lainnya. SG memerlukan makanan yang berbeda dari mereka.
Sugar Glider di alam liar adalah penghisap getah / sari (sap sucker kata orang bule-saya agak susah menjelaskan ini). Di alam liar, SG menggunakan giginya yang tajam untuk menghisap getah yang manis yang ditemui di pohon-pohon, menghisap sari buah dan bunga. Mereka juga memakan serangga kecil yang bisa didapatkan di alam liar, bahkan mereka mencuri telur dari burung-burung kecil yang mereka temui.
Untuk mengetahui daftar makanan yang biasa didapatkan oleh SG di alam liar, bisa di baca disini



Sugar Glider adalah omnivora, menurut wikipedia omnivora adalah
Sarwaboga[1] atau omnivora (dari bahasa Latin: omne = semua/semuanya; vorare = melahap) adalah spesies yang memakan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan pokoknya.
Mereka dapat memakan hampir semua jenis makanan termasuk buah-buahan, sayuran, protein dan baby cereal. Makanan mereka sebaiknya mengandung 20-30% buah-buahan (beberapa sumber mengatakan hanya 5%) 40% sayuran (jeruk bisa menyebabkan diare, buah dalam kaleng mengandung banyak gula, sayuran beku sebaiknya jangan diberikan), 25% sampai dengan 50% protein ( seperti ayam yang telah dimasak, telur rebus, dan serangga) dan 15% cereal bayi (tidak terlalu manis atau tidak banyak mengandung gula dan juga tidak mengandung banyak lemak). Sugar Glider memerlukan banyak karbohidrat dimana dari cereal bayi atau roti bisa didapatkan. Cobalah dengan memberikan jenis makanan yang berbeda agar SG tidak bosan dalam memilih makanannya.

Di alam liar, serangga adalah makanan yang menjadi pilihan dari mereka. Mereka sangat menyukai serangga hidup seperti jangkrik dan ulat. Saya lebih menyukai memberikan jangkrik daripada ulat, karena jangkrik rendah lemak dan tinggi kalsiumnya serta memiliki rasio calsium yang lebih baik.

Berikut ini saya lampirkan rasio kalsium/zat kapur dari berbagai serangga
sumber :http://www.angelfire.com/tx/facehugger/insect.html
Crickets   Mealworms  Waxworms  Superworms  Fly Larva
Moisture       68.96      62.89     60.97      58.91      69.02
Ash             1.52       1.20      0.97       1.29       1.24
Protein        20.72      18.65     15.40      18.92      15.32
Fat             5.74      13.64     20.12      15.07       5.96
Carbohydrates   3.06       3.62      2.54       5.81       8.46
mg/100g Calc.  21.53       3.28     13.14      10.80      17.73
mg/kg Vit. C  105.90      38.10     23.60       9.80       9.80
Dietary Fiber   2.80       2.00      1.60       2.20       2.70
Calories/Fat   51.66     122.76    181.08     135.63      53.64

Berikan SG makanan 2 kali dalam sehari. Saya lebih memilih sore hari dan pagi hari. Sore hari gunanya agar mempersiapkan/menyediakan mereka makanan sebelum mereka aktif nantinya di malam hari. Sedangkan di pagi harinya gunanya selain untuk mengganti makanan yang tidak habis di malam hari, juga untuk mempersiapkan jikalau mereka lapar dan bangun untuk hanya sekedar makan. Bahkan kadang saya terlalu sibuk untuk memberikan mereka makan. Jikalau ini terjadi, saya selalu memberikan porsi makanan yang berlebih bagi mereka dengan memberikan hanya 1 kali saja.

Apapun makanan yang anda berikan untuk SG sebaiknya usahakan yang mengandung rendah lemak. SG tidak dapat mencerna lemak dengan sempurna. Jika kita mempunyai SG betina yang sedang hamil, terlalu banyak lemak dapat menyebabkan titik putih di mata anak mereka / Joey. Selain itu hindarkan memberikan makanan yang mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet. Banyak makanan yang mengandung rendah lemak juga mempunyai bahan pengawet. Jadi berhati-hatilah dalam hal ini. Saya sendiri menganjurkan memberikan hanya madu murni  (bukan madu yang berasal dari selain lebah) atau beepollen yang bersifat alami.

Yoghurt

Ada beberapa kontroversi atau perdebatan tentang apakah boleh memberikan yoghurt kepada SG. Hal ini karena SG tidak dapat metolerir laktosa dan juga mengandung lemak. Akan tetapi, yoghurt mengandung bacteria yang dapat mencerna laktosa. Selama kita memberikan yoghurt tanpa bahan pemanis dan bahan pengawet, seharusnya hal ini tidak menjadi masalah.

Pentingnya memberikan kalsium yang cukup

Sangat dianjurkan untuk memberikan suplemen yang mengandung kalsium yang tinggi untuk menghindarkan penyakit kaki pincang (hind-leg paralysis). Hind-leg paralysis disebabkan karena SG kekurangan kalsium atau vitamin D3 (yang sangat penting untuk memproses kalsium) atau terlalu banyak zat kapur dalam kaitannya dengan kalsium yang didapat mereka dari makananya (zat kapur mencegah penyerapan kalsium) dan apabila tubuh kekurangan kalsium, tubuh akan mengambil dari tulang hingga akhirnya mereka rapuh. Mereka dapat kembali pulih, tetapi biasanya akan berakhir dengan kematian. Suplemen kalsium sangat diperlukan jika Anda memberi mereka makan banyak buah-buahan atau sayuran

Jika ingin memberikan suplemen ini, cobalah mencampurkan dengan bubur bayi atau cereal atau dengan madu. Vitamin dan mineral yang utama yang sebaiknya diberikan adalah  kalsium, vitamin D3 dan vitamin E.


Minuman

Semua makhluk hidup tentu saja membutuhkan minum.
Berikanlah selalu air yang segar untuk SG kita. Berikanlah air minuman yang telah melalui proses penyulingan. Jangan berikan air yang didapat dari keran air.
Selain air mineral, kita juga bisa memberikan juice buah yang tidak mengandung bahan pemanis dan bahan pengawet. Jadi, sebaiknya hati-hati dalam memberikan juice buah ini.
Hindari pemberian juice dari buah jeruk, seperti telah dijelaskan diatas, jeruk bisa menyebabkan diare. Berikanlah juice yang randah lemak dan tidak mengandung bahan pengawet.

Kesimpulan

Terlepas dari semua keterangan ini.
Apapun yang anda berikan untuk SG anda. Lakukan atau berikanlah dengan bijak. Kesehatan SG ditentukan oleh kita sebagai ownernya. Karena kita yang selalu menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh SG, dan kita sendiri yang menentukan kesehatan SG kita.
Apa yang kita berikan adalah apa yang mereka makan dan juga kesehatan mereka.

Maaf apabila dalam tulisan ini terdapat banyak kesalahan. Hasil ini berdasarkan riset dari berbagai situs di luar negeri.

sumber :
http://www.sugarglider.com
http://sugarglidersrus.com
http://www.angelfire.com/tx/facehugger/food.html 

 

Saat ini saya menyediakan suatu produk makanan yang saya ramu sendiri yaitu SG Food.
Makanan khusus untuk Sugar Glider ini merupakan produk makananan Yang telah di formulasikan khusus mengandung kalsium, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh Sugar Glider.

Bahan pembuatan makanan untuk Sugar Glider ini yaitu :
Baby cereal, bee pollen, honey, reptile calcium + Vit D, egg, multivitamins and minerals.




Karena kesibukan saya dan banyaknya permintaan, saya tidak mempunyai banyak waktu lagi untuk meramu seperti memblender, mengaduk dan sebagainya agar makanan tersebut dapat dinikmati bagi Sugar Glider anda.

Meskipun bukan saya yang membuatnya, janganlah anda khawatir, saya akan selalu menjaga produk makanan Sugar Glider ini. Semua bahan tetap saya yang berikan, dan cara pengolahan selalu saya awasi sehingga kualitas dari produk makanan untuk Sugar Glider ini tetap terjaga.
  
Jika anda berminat untuk membeli produk makanan khusus untuk Sugar Glider inianda dapat menghubungi distributor saya di nomer telp 0813-1500-2904 dengan OTIZ, atau di  087-8888-30186 dengan DAVY

Untuk harga dari produk makanan khusus Sugar Glider ini, silahkan anda hubungi langsung no telp yang tertera diatas.
No telp tersebut hanyalah penjual yang saya percaya untuk mengolah, membuat dan menjual produk makanan Sugar Glider yaitu SG Food. 
Akan tetapi jika anda ingin berkonsultasi tentang Sugar Glider, silahkan menghubungi saya via facebook, karena lebih jelas akan dapat saya jelaskan.

Bagi anda yang ingin menjadi reseller dari produk makanan khusus Sugar Glider ini, kami juga memberikan penawaran khusus apabila anda membeli dalam jumlah tertentu. Untuk lebih jelasnya anda dapat langsung menghubungi no telp yang tertera diatas.


-->

2 komentar:

Andi Rusmia September 19, 2012 at 8:40 PM  

nice info gan,, saya baru mulai menjadi adopter SG, mau tanya, apa maksudnya memberi makan 2 kali sehari? bagaimana jika tempat makanan yg terisi terus berada dalam kandang?

Thanks,,

Andi Rusmia September 19, 2012 at 8:42 PM  

nice info gan,, saya baru mulai menjadi adopter SG, mau tanya, apa maksudnya memberi makan 2 kali sehari? bolehkah jika tempat makanan yg terisi terus berada dalam kandang?

Thanks,,

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP