Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Wednesday, August 10, 2011

Fakta yang salah tentang Sugar Glider 2

Tanpa basa basi, berikut ini lanjutan beberapa fakta yang salah yang berkembang di masyarakat.


Apakah Sugar Glider memerlukan pemanas /Heatpad ???


Tidak !!! Sugar Glider tidak memerlukan pemanas. Tubuhnya telah mempunyai bulu yang cukup tebal untuk melindungi dari hawa dingin. Penggunaan heatpad dapat menyebabkan hal yang berbahaya bagi SG tersebut. Apabila SG terkena heatpad, SG dapat terluka serius. Saya tidak mau membayangkan akibat yang bisa di timbulkan bila SG terkena heatpad.
Saya pernah menemui adopter yang tinggal di daerah puncak dan batu, malang yang merawat SG nya tanpa heatpad. Apabila daerah anda dingin, cukup sediakan bedding pouch yang hangat di dalam kandang SG anda. Hal ini agar SG dapat melindungi diri mereka dari dingin di sekitar lingkungan mereka.


Apakah Sugar Glider tidak boleh di tempatkan di ruangan yang ber ac ???


Menjawab hal ini, sama saja dengan menjawab pertanyaan yang telah disebutkan diatas. Tapi yang perlu dipertimbangkan mungkin adalah baunya. SG mengeluarkan bau yang sangat khas kalo tidak mau disebut berbau yang kuat. Apabila kandang jarang dibersihkan, aroma khas SG tersebut akan sangat santer tercium oleh kita yang ada di ruangan tersebut. Oleh karena itu, membersihkan kandang secara teratur dan berkala sangat dianjurkan. Terlebih dengan adanya SG jantan yang sangat mengeluarkan bau yang sangat khas dan kuat ketika SG jantan itu menandai area sekitar kandangnya untuk menandai area kekuasaannya atau teritorinya


Apakah boleh menggunakan obat semprot pengusir serangga atau pengharum ruangan???


Menjawab hal ini sama saja ketika saya menanyakan kepada anda. Apakah anda mau menyemprotkan pengusir serangga di ruangan yang ada bayi anda??? Tentu saja tidak bukan??? Sebaiknya meletakkan dahulu SG anda di ruangan yang lain yang segar udaranya sebelum anda menyemportkan pengusir serangga itu di ruangan tersebut. Bagaimana dengan pengharum ruangan ??? Mungkin hal ini bisa menjadi bahan pengecualian. Tentu saja dengan pengecualian juga. Semprotkan pengharum ruangan itu agak jauh dari Sugar Glider anda. seperti yang tertera di penjelasan di botol pengharum ruangan itu untuk tidak menyemprotkan secara langsung ke arah makhluk hidup.


Apakah Sugar Glider perlu atau boleh dimandikan ???

Untuk menjawab ini sudah diberikan postingan tersendiri. Sugar Glider anda bisa anda usapkan dengan memakai tissu basah untuk bayi yang bebas alkohol, atau bisa juga dengan menyemprotkan secara merata dan halus (jangan terlalu basah) dengan memakai semprotan untuk burung. 
JANGAN SEKALI-SEKALI MERENDAM SUGAR GLIDER ANDA. SUGAR GLIDER TIDAK BISA BERENANG !!!


Apakah Sugar Glider harus selalu di gunting kukunya ???


Ada beberapa orang termasuk saya yang alergi atau sensitif kulitnya. Kuku SG sangat tajam membentuk seprti mata kail pancing. Oleh karena itu saya sering memotong kuku SG saya apabila dirasa sudah terlalu tajam. Apabila di kandang anda memakai pouch yang terbuat dari kain. Saran saya pribadi, lebih baik lakukan secara rutin memotong kuku SG anda. Hal ini untuk menghindarkan kaki SG anda tersangkut di pouch dari kain tersebut. Apabila SG tersangkut di pouch itu, SG cenderung akan meronta dan berbanding terbalik dengan menggigit kain tersebut, SG akan mengigit kaki/tanganya sendiri. Dan apabila pouch anda terletak di tempat yg tinggi di kandang, SG akan menggantung dengan posisi terbalik kebawah (apabila ia telah putus asa). Telah banyak kasus kaki SG yang bengkak karena penggunaan pouch dr kain ini dan kuku SG tersebut jarang dipotong.
Penggunaan pouch dr kain sangatlah tidak dilarang. Saya sendiri memakai hidey pouch dr kain. Karena apabila mereka pee disana langsung terserap oleh kain dari pouch tersebut. Berbeda dengan memakai hidey pouch dari batok kelapa atau yg lainnya, yang apabila mereka pee akan menggenang di hidey pouch tsb, karena tidak semua SG saya terbiasa untuk pup dan pee di luar pouch mereka.


Apabila ada pertanyaan seputar SG, silahkan post atau komen disini. Nanti akan saya selalu apdet berdasarkan pengalaman yang saya miliki.

10 komentar:

Anonymous May 2, 2012 at 4:26 AM  

cara memotong kuku sugar glider gmn ya?dipotong hbs apa cuman ujungnya aja yg lancip?

cindthalope February 1, 2014 at 3:41 AM  

jangan sampai habis, ada daging d bawah kukunya. gunting ujung aja yg lancip. dikit aja.

rbdimasyudha October 18, 2015 at 2:07 AM  

SG ane masih joiy gan, tapi bulu sering rontok, penyebabnya apa ya? Sakit atau bagaimana agan? Terima kasih

rbdimasyudha October 18, 2015 at 2:34 AM  

SG ane masih joiy gan, tapi bulu sering rontok, penyebabnya apa ya? Sakit atau bagaimana agan? Terima kasih

Unknown January 4, 2016 at 5:27 AM  

SG saya sering bunyi kalo malem,saya tebak sih dia takut gelap,itu mungkin gak gan?

Unknown July 27, 2016 at 2:51 AM  

sugar glider bisa di jemur di bawah matahari ??

hana December 24, 2016 at 5:55 AM  

Sg malah suka tempat yg gelap, bunyi tengah mlm it krna dia kesepian saat beraktifitas tengah mlm jadi dia membuat bunyi sepeti itu

JonathanPartogi March 1, 2017 at 9:05 AM  
This comment has been removed by the author.
Qonita October 28, 2017 at 10:36 PM  
This comment has been removed by the author.
Qonita October 28, 2017 at 10:38 PM  

Gw baru beli sugarglider kemaren gan,trus gw taroh di kandang burung,td pagi gw liat banyak semut itu kenapanya gan
Trus sugarglider kalo gigit sakit ga? Giginya tajem?
Thanks gan sebelumnya

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP