Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Monday, August 8, 2011

Fakta yang salah tentang Sugar Glider

Ada beberapa anggapan yang berkembang tentang SG yang terjadi di masyarakat. Ada anggapan itu adalah benar dan ada pula yang salah.
Berikut ini akan coba saya rangkum tentang anggapan - anggapan yang beredar di masyarakat itu beserta penjelasan tentang benar atau tidaknya anggapan itu.

Sugar Glider menyukai hal-hal yang manis sesuai dengan namannya Sugar (gula/manis) Glider



Sugar Glider memang menyukai makanan yang manis-manis. Tetapi Janganlah memberikan makanan yang mengandung terlalu banyak gula kepada SG. Hal ini sangat tidak menyehatkan bagi SG tersebut. Di alam liar, SG dapat memilih makanan yang baik untuk diri mereka sendiri. Tetapi di tempat kita dimana kita yang menyediakan makanan untuk mereka, mereka akan selalu memakan makanan yang kita berikan. Makanan yang kita berikan akan menentukan kesehatan SG tersebut. 


Memelihara Sugar Glider boleh satu ekor saja



Sugar Glider adalah makhluk yang sosial. Mereka perlu ber koloni atau berteman dengan sesama jenisnya. Bahkan apabila kita sering meluangkan waktu bersama SG kita, tetap saja tidak bisa menggantikan atau memenuhi kebutuhan mereka untuk berkoloni dan berkembang biak. Kebutuhan untuk berkembang biak adalah hak mendasar dari makhluk hidup. Apabila SG terlalu dibiarkan untuk hidup sendiri dalam jangka waktu lama, akan dapat mengakibatkan penyakit pada SG tersebut seperti stress dan depresi dengan gejala seperti hairloss atau over groming atau bahkan bunuh diri (self mutilation).
Hal yang membenarkan adalah, apabila dana terbatas dan saat ini tidak ada breeder yang dapat menyediakan joey. Mungkin hal ini bisa membenarkan untuk adopt 1 ekor dahulu. Dengan catatan, apabila mempunyai dana di kemudian hari dan terdapat SG yang lain. Sangat dianjurkan bahkan harus untuk memberikan teman bagi SG sebelumnya.


Apakah semua joey berasal dari hasil ternakan???



Ada beberapa anggapan bahwa semua Joey atau SG anakan adalah hasil dari breed atau penangkaran. Saya sering menemui kasus bahwa joey tersebut berasal dari tangkapan liar. Joey adalah SG yang masih berumur 3 bulanan ketika OOP (Out Of Pouch). Banyak sekali para penangkap SG di alam liar yang berhasil mendapatkan Joey ketika mereka sedang memburunya. Sugar Glider yang penampilan fisiknya masih kecil pun bisa saja saya bilang itu adalah Joey. Kenapa tidak ??? Secara (maaf saya sedikit membanggakan diri) saya telah mempunyai reputasi yang cukup untuk mengatakan kepada calon adopter/buyer bahwa itu adalah Joey. Meskipun Hal ini belum pernah saya lakukan. 
Lantas apa yang bisa kita lakukan???
* Belilah pada breeder yang terpercaya
Hingga saat tulisan ini dilakukan, saya belumlah menjadi breeder. Tapi saya berencana menjadi seorang breeder dengan 20an SG yang saya miliki. Dan Alhamdulillah 8 SG betina saya pada saat saya menulis postingan ini sedang hamil. Karena dengan membeli kepada breeder, kita bisa mencari pembuktian bahwa Joey tersebut adalah hasil ternakan, bahkan apabila SG indukannya berasal dari tangkapan liar. Calon adopter bisa menanyakan silsilah induknya tentang calon Joey yang akan di adopt.
* Bagaimana jika kita membeli dari bukan breeder???
Banyak yang menawarkan SG di internet. Banyak pula yang menawarkan Joey. Apabila anda membeli Joey, sebaiknya menanyakan silsilah dari induknya tersebut. Mintalah tunjukkan dari induk si calon Joey yang akan kita adopt. Apabila seller tersebut tidak bisa menunjukkan induknya, patutlah kita pertanyakan Joey tersebut. Dan apabila seller tersebut mengatakan bahwa calon Joey yang akan kita adopt didapatkan oleh seller dari seorang breeder, mintalah seller tersebut sebutkan nama breedernya dan lantas telusuri kebenarannya ke breeder yang bersangkutan yang disebutkan seller tersebut.
Saya menyadari sepenuhnya akan tulisan dan anggapan ini. Dan saya siap menerima resikonya apabila saya mempunyai musuh baru dengan saya menulis ini. Semua saya lakukan agar calon adopter tidak tertipu.
Dan untuk semua buyer yang telah membeli Joey dari saya. Semua joey saya dapatkan kebanyakan dari Julylie dan beberapa dari Topan Permana
Mohon maaf apabila tidak bisa mencarikan silsilahnya karena saya lupa. Hal ini akan saya perbaiki mulai sekarang setelah selesai menulis postingan ini.


Yang terpenting adalah Bonding bukan dietnya



Bonding memang penting. Tidak bisa dipungkiri bahwa keinginan calon adopter untuk mempunyai SG adalah agar SG tersebut agar bonding. Bisa dibawa kemana-mana, dan nurut kepada ownernya yaitu kita.
Tapi mereka melupakan satu hal yang teramat penting dari semua hal tentang perawatan SG. 
Yaitu Makanannya.
Pemberian makanan yang sehat dan seimbang sangat dibutuhkan oleh Sugar Glider. Apabila SG sehat dan aktif tanpa sakit, proses bonding dapat dilakukan daripada melakukan proses bonding kepada SG yang sakit bukan???


Saya telah mendapatkan formula / racikan makanan yang sehat untuk Sugar Glider saya, dan saya akan terus memberikan racikan itu tidak mau memberikan makanan yang lain.



Apabila anda telah menemukan racikan atau formula yang tepat untuk SG anda, sebaiknya juga diberikan variasi makanan yang lain yang dibutuhkan oleh SG. 
Asumsinya adalah begini : Anda tidak ingin memakan kangkung setiap hari selama hidup anda bukan??? 
Variasi makanan yang seimbang sangat dibutuhkan oleh SG. Selingi pemberian racikan atau formula makanan anda dengan yang lain seperti pemberian ulet hongkong atau jangkrik atau sayuran dan buah-buahan. Dimana kebutuhan nutrisi mereka dipenuhi dari variasi makanan itu.
Kenapa saya angkat topik ini ??? Karena banyak owner SG yang hanya memberikan SG mereka dengan bubur SUN saja sepanjang hari tanpa diselingi pemberian makanan yang lain.


Sugar Glider adalah Karnivora


Di alam liar, sumber makanan mereka adalah serangga seperti jangkrik dll yang tinggi akan protein. Tetapi di alam liar mereka juga menyukai getah tumbuh-tumbuhan, madu dan sari bunga. Jadi mereka tidaklah benar-benar karnivora. Di alam liar mereka mempunyai variasi diet untuk kebutuhan hidupnya


Semua sayuran dan buah-buahan sama baiknya untuk Sugar Glider



Kebanyakan sayuran dan buah-buahan memang baik untuk kita manusia tetapi tidak bagi SG kita.  Hindari pemberian makanan yang tidak bagus untuk SG kita. Seperti pembahasan di post sebelumnya, kitalah yang menentukan apa yang terbaik untuk SG kita. Apa yang kita berikan sangat menentukan kesehatan SG kita sendiri.



Pemberian Suplemen atau Vitamin tidaklah bagus 


Diet anda mungkin sudah mempunyai kandungan vitamin dan mineral. Tetapi pemberian suplemen dan vitamin juga dibutuhkan untuk melengkapi diet anda. Akan tetapi sebaiknya pemberian suplemen atau vitamin janganlah berlebihan dan sebaiknya mengkonsultasikan hal ini kepada beberapa orang yang ahli akan hal ini, dan tentu saja bukanlah saya. Apabila anda ngotot bertanya kepada saya, bisa saja akan saya jawab sekenanya dan bahkan akan saya acuhkan.


SG tidak butuh minum


Banyak yang beranggapan bahwa SG cukup minum dari makanan yang kita berikan dengan membuat agak encer makanan tersebut.
Hal ini adalah SALAH BESAR !!!
Semua makhluk hidup butuh minum selain makanan. Sediakan selalu minuman meski itu hanya air putih di kandang mereka. Gunakan hanya air yang telah melalui proses penyulingan bukan air mentah atau air keran.



SG bisa dilepas tanpa kandang


Banyak kasus yang mengakibatkan kematian bagi SG akibat SG dilepas begitu saja di kamar atau dirumah. Antara lain SG tersebut ketindihan sewaktu ownernya sedang tidur karena kelelahan. Melepaskan SG begitu saja di kamar atau dirumah tanpa pengawasan juga berbahaya bagi SG. Kita tidak pernah tau apa yang akan dimakan oleh SG kita. Entah itu hanya gigitan karena iseng atau penasaran atau memang dia lapar dan masuk ke pencernaannya. Bisa saja mereka akan memakan makanan yang berbahaya yang mengandung bahan kimia yang terdapat dari benda yang di gigit oleh SG tersebut.
Oleh karena itu saya sangat menyarankan menyediakan kandang bagi SG. Dan apabila hendak melepas SG sebaiknya bisa diawasi segala gerak-geriknya.



SG bisa akrab dengan hewan lain


Di internet dapat ditemui bahwa SG bisa berteman baik dengan hewan lain. Hal ini lebih diperjelas dengan adanya gambar SG bergaul akrab dengan hewan lain tersebut.
Memang SG adalah makhluk sosial. Tapi harap di ingat !!! Di alam liar, SG cenderung dalam posisi sebagai mangsa bagi hewan lain. Oleh karena itu SG seharusnya di jauhkan dari hewan lain yang cenderung akan memangsanya dan membuatnya stress. Burung-burung biasanya akan membuat SG takut dan dapat menyebabkan stress bagi SG. Kucing dan Anjing cenderung melihat SG sebagai mangsanya dan secara insting kucing atau anjing tersebut akan memangsa SG kita. Sebaliknya bagi hewan lain yang lebih kecil dari mereka. SG cenderung akan melukai hewan yang lebih kecil dari mereka seperti hamster atau tikus kecil.
Tapi tidak dipungkiri bahwa SG juga bisa berteman baik dengan hewan lain seperti kucing atau anjing. Tapi kemungkinan itu sangat kecil bahkan bisa disebut keajaiban yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada makhluknya. Bukan hanya SG. Sering di publikasikan di media tentang keakraban hewan yang berbeda jenis, seperti kucing menyusui monyet dll. Tp seperti pendapat saya, hal itu adalah suatu keajabian dan kebesaran ALLAH SWT.



SG cocok untuk anak kecil


Anak kecil terutama balita cenderung belum mengerti apa2 tentang cara penanganan hewan. Anak kecil atau balita cenderung akan meremas sekuat tenaga hewan yang mereka temui. Seperti kita ketahui, SG bertubuh sangat kecil dan ringkih. Bayangkan apabila SG anda diremas oleh balita anda. SG bisa tercekik dan bahkan bisa menyebabkan kematian apabila tidak kita awasi.
Terlebih, SG dapat glide ke wajah balita kita. Apabila SG glide ke wajah balita kita dan melukai mata balita kita, bayangkan apa yang bisa terjadi dengan balita kita nantinya.


Daftar fakta ini akan berlanjut ke post berikutnya sesuai dengan fakta yang salah kaprah yang berkembang di masyarakat


saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk

10 komentar:

Unknown October 7, 2013 at 6:24 PM  
This comment has been removed by the author.
Unknown March 31, 2014 at 8:15 AM  

Bro.. baruaan baca SG lg hamil ya? Boleh adopt 1 ga betina? Contact 769D7283.. thanks before

Lin April 22, 2017 at 12:47 AM  

Bro kalo sg ga makan serangga bisa hidup lama ga? Info ya bro. Thanks.

Unknown May 29, 2017 at 4:40 PM  

Mungkin ini soalannya agak serius, sg yang patah ekornya bisa tumbuh semula gak? Soalnya sg aku ekornya patah jadi aku kuwatir banget 😭

Unknown July 3, 2018 at 10:07 PM  

Mas saya Mau tanya kalo sg ...saya beli sg 2 jodohh apakah boleh di satukan dalam 1 kandang?

Unknown July 31, 2018 at 6:42 AM  

Kak, saya mau nanya..
SG saya lg hamil. Sy mau ajak main yg laki2, bukan yg hamil. Penjualnya bilang jgn diajak main semuanya krn takut stress.

Gmn kak? Boleh ajak main yg laki2 aja ga? Keliatannya kasian bgt udah mau main keluar.

Unknown June 18, 2019 at 4:25 AM  

Sore sy mau tanya..sy baru saja punya satu ekor apa emang hrs satu LG?

Unknown July 23, 2020 at 10:33 PM  

Halo kak saya mau pelihara sugar glider tapi saya mau pelihara saty dulu ntik kalo boleh beli lagi ya saya beli lagi...
Boleh gk setidaknya pelihara satu dlu tapi pemeliharaannya agar lama sekitar satu tahun atau beberapa bulan...
Enaknya kalo mau pelihara sugar glider satu dulu, kelamin apa ya ??
Kalo pelihara sugar glider sih katanya kalo gk mau pelihara dua pelihara yg cewek dulu, baru cowok. Benarkah?

Unknown September 30, 2021 at 10:16 AM  

Aku jg penasaran, kira-kira tetep sehat gak ya klo gk makan serangga?

Unknown September 30, 2021 at 10:18 AM  

Waduh, aku jd baru mau pelihara tp yg jual temen kakak aku cuma punya jantan dua-duanya... Klo bnr berarti harus cepet-cepet beli betina...

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP