Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Sunday, August 28, 2011

Penggunaan Obat-obatan pada Sugar Glider

Banyak sekali para adopter yang menggunakan atau memberikan obat-obatan tertentu kepada SG nya.
Seperti pemberian vitamin E yang berlebihan dengan tujuan tertentu yaitu agar SG nya cepat menghasilkan keturunan dll penggunaan obat-obatan yang lain.


Sebaiknya penggunaan obat-obatan tertentu diberikan hanya apabila SG anda memerlukan perawatan khusus atau mengalami suatu penyakit. Penggunaan obat inipun sebaiknya jangan sampai berlebihan, dan tentu saja dalam pengawasan. 

Pada posting saya sebelumnya tentang pemberian suplemen kepada SG memang disebutkan sebaiknya memberikan suplemen atau multivitamin kepada Sugar Glider. Pemberian suplemen atau multivitamin sebaiknya menggunakan produk yang benar2 untuk hewan. Seperti pemberian repcal dll, yang memang di formulasikan khusus untuk hewan.

Seperti kita ketahui. pembuatan vitamin tersebut adalah memakai bahan-bahan kimia yang tentu saja kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya apabila diberikan secara rutin kepada SG kita.


Ada satu contoh kasus yang menarik untuk saya ungkapkan disini. Banyak sekali adopter yang memberikan SG nya dengan vitamin E (natur-E) dengan tujuan agar SG nya cepat hamil. Lantas setelah diketahui hamil, apa yang dilakukan??? tetap memberikan SG nya dengan vitamin itu???
Daripada repot-repot memberikan vitamin yang berlebihan, lebih baik anda berkonsentrasi dengan memberikan asupan gizi yang sesuai bagi SG anda.
Mungkin saja setelah anda memberikan vitamin ini SG anda akan segera hamil. tapi apabila anda melupakan asupan gizi yang dibutuhkan oleh SG. Sugar Glider anda dapat saja memakan anaknya / joeynya tersebut. Karena anda memaksakan sesuatu yang sebenarnya mutlak diperlukan oleh SG andam serta memaksakan sesuatu yang seharusnya berjalan secara alami tapi dipaksakan dengan suatu bahan kimia. Belum lagi efek jangka panjang yang nanti dapat ditimbulkan bagi SG anda.


Saya sendiri lebih menyukai memberikan bahan2/makanan alami yang benar2 dibutuhkan oleh SG saya. Karena saya percaya SG saya akan hamil apabila terjamin sumber makanan dan asupan gizi yang dibutuhkan bagi dirinya dan anak-anaknya nanti. Karena SG mempunyai suatu insting, SG akan merawat anak-anaknya dengan baik dan berkembang biak dengan baik apabila asupan gizinya cukup. 


Bagi yang pernah memelihara hamster mungkin sering ditemui apabila memberikan toge kepada hamsternya dapat mengakibatkan hamsternya cepat hamil. Tapi sering juga ditemui bahwa hamster mereka memakan anak-anaknya. Kenapa hal ini terjadi ??? Seperti yang saya sebutkan diatas, pemberian sesuatu yang dipaksakan dengan melupakan kebutuhan mendasar yang diperlukan yaitu gizi mengakibatkan gejala ini. 


Biarkanlah semua itu berjalan secara alami. Berikan makanan yang bergizi yang diperlukan oleh SG kita. Apabila semua kebutuhan mereka terpenuhi, mereka akan nyaman berkembang biak tanpa harus memakan joey mereka sendiri karena kita melupakan kebutuhan gizi mereka. Sang induk SG mempunyai insting bahwa anaknya akan selamat apabila tersedia asupan makanan/gizi yang cukup bagi anaknya kelak. Berbanding sebaliknya apbila sang induk merasa bahwa asupan gizi bagi anaknya kelak tidak terpenuhi, sang induk dapat menolak anaknya tersebut.


Lantas apa yang harus kita berikan kepada SG kita agar asupan gizinya terpenuhi??? Di pembahasan sebelumnya pernah saya berikan makanan yang baik yang diberikan untuk SG kita.
Saya sendiri lebih menyukai pemberian makanan alami untuk mereka. Seperti ulet hongkong, jangkrik dan juga buah-buahan. Pemberian repcal juga rutin saya berikan, tetapi pemberian repcal saya berikan berdasarkan keadaan keuangan saya.


Apakah pemberian obat-obatan bagi Sugar Glider yang sakit juga dilarang ??? Tidak sama sekali. Pemberian obat bagi Sugar Glider sangat dianjurkan. Tetapi tentu saja dalam pengawasan kita.
Pemberian obat yang saya berikan kepada Sugar Glider saya dalah dengan memberikan antibiotik yaitu amoxiline (ini versi generik) dan diatab untuk diare, gom untuk abses dimulut. Pemberian kenalog untuk luka luar, untuk luka luar selain dimuka juga bisa dengan memberikan minyak tawon kepada SG kita. HARAP DI INGAT !!! Pemberian minyak tawon hanya untuk luka luar saja, luka yang ada di sekitar kepalanya atau lebih tepatnya di mukanya sebaiknya menghindari diberikan minyak tawon, tetapi berikan kenalog meski harganya agak mahal sekitar 50k.

Pemberian obat ini sebaiknya rutin diberikan, misalnya 2 atau 3 kali dalam sehari dan sebaiknya jangan melebihi dari semingguan hal ini berdasarkan saran dari ibu july. Dosisnya sangatlah kecil, jangan terlalu banyak.
Pemberian dosis yg tepat ini selalu saya asumsikan dengan perbandingan antara anggur dan semangka.
Yaitu : Apabila mereka memakan sebuah anggur sama dengan kita memakan sebuah semangka.
Contoh : Apabila dalam kemasan dicantumkan pemberian obat sebanyak 1 sendok teh, berikan kepada SG kita sebanyak seperempat sendok teh tersebut.


Tentang pemberian obat dan cara perawatan Sugar Glider yang sakit, akan saya coba rangkumkan dikemudian hari di pembahasan tersendiri.


Jadi 
PERTIMBANGKAN SEKALI LAGI PEMBERIAN OBAT-OBATAN UNTUK SUGAR GLIDER ANDA !!!


Ingatlah selalu 
APA YANG KITA BERIKAN MENENTUKAN KESEHATAN SUGAR GLIDER KITA

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

32 komentar:

Unknown February 15, 2012 at 4:58 AM  

kalau untuk kutu bagaimana obat'y om???

sonny catro blog February 15, 2012 at 11:03 AM  

jarang banget ditemui sg kutuan.
karena sg tergolong sangat bersih ama dirinya dan bahkan suka sekali membersihkan diri satu sama lain.
kalo mau kasih obat kutu sebaiknya yang berbentuk sampo.
berikan hanya beberapa tetes saja. campurkan dg air secukupnya lantas udapkan ke badannya.
bilas langsung dg air bersih dan segera keringkan mereka.
sebaiknya jaga kebersihan sekitar mereka seperti kandang agar tidak terjadi penyakit ini.

Anonymous May 1, 2012 at 1:27 AM  

gw mau beli SG ni pastinya yg CB...dmna ya belinya tpi yg bisa dipercaya pnjualnya...gw da lama mau beli tpi taku salah beli..tolong saranin donk...

sonny catro blog May 1, 2012 at 2:56 PM  

menjawab pertanyaan itu sama aja sperti kejadian berikut ini.

anda ingin membeli motor merk honda.
lantas anda datangi dealer honda tersebut, dan bertanya kepada sspg nya.
"mbak, saya mau beli motor honda dimana ya yang jual???"

Anonymous May 1, 2012 at 6:51 PM  

waaaaaaaaaaah di sini juga jual ya,,, gw kira ni cuma t4 bertanya doank,,hehehe mklum gx baca dri awal,,,oya lokasi dmna ya ??

Anonymous May 2, 2012 at 3:47 AM  

cara memotong kuku sugar glider gmn ya gan?dipotong habis apa cuman ujungnya doang?

sonny catro blog May 6, 2012 at 4:13 PM  

cara memotong kuku
http://www.youtube.com/watch?v=xA4ftUVi-To

Anonymous May 10, 2012 at 2:54 AM  

cara mengatasi mata bengkak gimana kak? gejalanya dan gambarnya sama seperti di blog kaka yang bagian penyakit-penyakit sugar glider

Anonymous May 11, 2012 at 3:56 AM  

saya uda motong kukunya tp kq berdarah ya apa itu normal?

sonny catro blog May 30, 2012 at 12:29 AM  

mata bengkak bisa di teteskan cendo fenicol.
kalo kuku berdarah saat gunting kuku.
biarkan saja dahulu, lanjutkan dengan kuku yang lain di salahsatu tangan/kaki tersebut.
tapi sebelum lanjutkan dg kaki/tangan yg lain, diamkan dulu beberapa menit.

Rahman July 19, 2012 at 8:44 PM  

Kalau SG di pakaikan kalung ga apa2kan?

yuris August 2, 2012 at 2:30 AM  

obat untuk sg yang kakinya ke gores kipas angin, telapak kaki warna nya merah kalo ada apa obatnya beli di mana ? kalo ke dokter mahal apa gak

sonny catro blog August 2, 2012 at 3:17 PM  

@rahman
sebaiknya jangan.
takut ke cekek lehernya
kalo mau dikasi kalung juga sebaiknya sewaktu dia ada di luar pouch selama bisa kita awasi.

@yuris
kasi garamicin aja.
bisa di beli didaerah senen yang deket jual piala2 yg ada apotiknya disebelahnya.

Zakki August 28, 2012 at 10:49 AM  

Kalo misalnya diem aja+lemes itu dia sakit apa ya sgnya? Atau emang dia harus di bawa kedokter? Kalo ke dokter mahal ga? Sgnya lemes banget banget

Zakki August 28, 2012 at 10:51 AM  

Kalo di pegang atau di deketin dia naik keatas tapi ga kuat, atau dia mau mati atau gimana? Bisa sembuh kan?

Anonymous December 23, 2012 at 4:26 AM  

Mas kalo Sg bukan ternakan..... Tapi udah dipelihara 7 bulan sama yang punya udah jinak sama yang punya,,, nah kalo Sg itu Ku yang peliharany bisa nggak Sg itu jinak. Ato nurut saama aku mas ?

Yongky Borneo Putra February 2, 2013 at 1:56 AM  

SG saya kakinya berdarah karena kakinya tersangkut di pouch kantong saat bergelantungan, obatinnya pake apa ya gan? Thx

Anonymous May 3, 2013 at 9:37 PM  

Kalo sg idungnya ungu, n fecesnya agak coklat gitu, cara ngobatinnya gmn ya? Makasih

jeff June 10, 2013 at 4:14 PM  

bos,gw potong kuku sg gw tpi mlh bdarah?
d kasih obat apa ya?
kasian bgt liatnya

Anonymous August 4, 2013 at 9:15 AM  

SGq Ъg †ªƱ knpa, gtwny kaki kanan dpdn balakang tu bengkak n jari2ny gk bs dgerakkan, Obat untuk menyembuhkan tu ap mas?

sonny catro blog August 9, 2013 at 3:49 PM  

maaf ya baru bales semuanya karena kesibukan kerja saya
yang alhamdulillah job saya sebagai seorang assisten sutradara sedang terpakai untuk ftv sinema unggulan di indosiar.
yang mengakibatkan saya selalu full suting setiap hari.

saya coba jawab 1 1 ya?

@zakki mungkin udah telat jawab ini.
tp gpp buat pengalaman yg lain.
kalo lemes sebentar itu wajar karena masih joey yg masih sangat muda.
tapi kalo lemes susah bergerak kemungkinan joeynya sakit.
kemungkinan anda belinya terlalu muda.
sehingga dia yang seharusnya masih di asuh oleh induknya tapi karena ingin cepat dapat untung, si penjual buru" menjualnya.
lain kali lebih berhati" dalam memilih/membeli joey.
pastikan dia sehat, aktif bergerak dan bisa makan sendiri untuk joey.

@gak jelas
meski udah nurut ama pemilik sebelumnya, sg juga butuh adaptasi dg pemilik baru.
dan ketika jinak dgan kita, itu hanyalah karena sg nya jinak bukan bonding.

@yonki
kalo berdarah karena tersangkut pouch.
coba oleskan minyak tawon di kakinya itu.
oleskan tipis" aja.
jangan khawatir kalo nanti di jilat" ama dia.
mangkanya tipis" aja kasinya.

@gak jelas
kalo perubahannya cuma sebentar seperti sehari atau dua hari itu masih wajar.
mungkin dia kedinginan.
letakkan kandang di tempat yg suhunya tidak terlalu dingin.

@jeff
itulah resikonya kalo motong kuku terlalu dalam kita memotongnya.
sebaiknya biarkan saja dg berusaha di hentikan pendarahannya dg memberikan kapas atau tissu agar pendarahannya berhenti

@gak jelas
kalo benar" gak bisa di gerakkan kemungkinan dia kena HLP atau hind leg paralisis
atau bahasa bataknya kaki pincang
ada yg masih bisa disembuhkan ada yang tidak (jika sudah terlalu parah)
coba berikan asuoan kalsium yg cukup buat sgnya
bisa di berikan kalsium utk reptile seperti repcal
berikan yg mengandung vit d3 dan free fosfor

Valencia August 31, 2013 at 8:44 AM  

Mas saya mau tanya , tadi pagi saya baru dikabari kalo sugar glider saya sudah dua atau tiga hari ini bagian hidungnya digigit semut sampai menghitam dan kulitnya menebal seperti luka kita biasanya , tapi sampai hari ini justru sugar glidernya susah bernafas dan sesekali bernafas lewat mulut karna hidungnya sebelah tertutup oleh luka yang mengering. Untuk penanganan pertama saya harus kasih apa ya? Mohon dibalas secepatnya , saya khawatir sama keadaan sugar glider saya

Anonymous September 6, 2013 at 7:01 AM  

Salam kenal, tolong bantuannya ya, SG saya mata dan pipinya bengkak sebelah, kenapa ya? Disebabkan oleh apa? Dan bagaimana cara pengobatannya? Tolong dibalas secepatnya dan terima kasih banyak sebelumnya.

Power Ranger Biru October 31, 2013 at 6:37 PM  

gan kalo ada luka pada hidung dan mulut sampai sg ku ini ga mau makan gimana gan apa obatnya?

yudhistira eka November 12, 2013 at 7:45 PM  

permisi gan ane mau tanya klo SGnya dipipinya bengkak sebelah trus suka bersin" trus apa ada gejala sakit ya?? tolong dibalas.. terima kasih gan

Unknown January 23, 2014 at 8:28 PM  

klo buat sakit mata berair gt obatnya apa yach?/trz belinya d apotik atau dmn??

kalea August 1, 2014 at 11:10 AM  

Udh bbrp hari ini pouch sg saya nyembul keluar. Dan lbh tepat dikatakan menggelambir. Awalnya cm dikit gelambirnya, tp skrg makin keliatan dan jelas. Diaekitar gelambirnya jg ada bintil2 putih kecil. Itu knp ya mas?

Unknown December 30, 2014 at 4:06 PM  

Cara menghilangkan kutu pada sg itu gimana ya , dan kalok dikasi obat , dikasi obat apa ?

raeis January 1, 2015 at 6:49 PM  

Kalo jari jarinya bengkak gmn om?

Anonymous May 27, 2015 at 4:29 AM  

Kalau luka parah gimana? Di bagian dada kulit dagingnya kroak hampir terlihat tulang rusuknya. Itu dikasih obat apa ya? Tolong jawabannya ASAP

Unknown June 26, 2015 at 8:51 PM  

kak kalo sg ngak djual di tempat saya gimana? kalo sg nya di kirim ntar bahaya ngk?

Aziz March 17, 2020 at 9:35 PM  

Ka mau nanya sg saya susah bab obatnya apa ya. Udh seminggu susah babnya trs ngedesis jg

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP