Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Friday, August 5, 2011

Penyakit yang biasa didapat Sugar Glider

Ada beberapa penyakit yang biasa mengenai Sugar Glider. Berikut ini akan coba di jelaskan satu persatu. Tapi ini hanyalah beberapa contoh saja dan yang biasanya menghinggapi mereka.
Menjaga Sugar Glider dalam kondisi yang sehat serta memberikan makanan yang benar sangat di anjurkan untuk menghindari penyakit ini.
Sugar Glider adalah hewan peliharaan yang sedikit susah untuk di pahami. Kebanyakan penyakit ini timbul karena pengetahuan yang sedikit oleh para adopter tentang Sugar Glider nya. Terlebih lagi masih sangat sedikit dokter hewan yang mengerti akan Sugar Glider.

Streess dan depresi

Salah satu dari banyaknya penyakit dari SG adalah stress, biasanya disebabkan karena adopt SG hanya 1 ekor dan jarang di handle. Sugar Glider adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan sesama jenisnya. Jika kurangnya handle dan perhatian yang di berikan dan juga terlalu lama di biarkan sendiri, SG bisa stress dan depresi dan dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti over grooming (membersihkan bulu yang berlebihan) dan juga mutilasi diri sendiri.
Sugar Glider termasuk hewan yang bersih. Jadi lingkungan yang terlalu kotor dapat menyebakan mereka stress. Kebersihan kandang dan lingkungannya sangat perlu dijaga hal ini termasuk bedding pouch di dalam kandang mereka.
Tanda-tanda bahwa SG mengalami depresi adalah over grooming, pola tidur yang tidak teratur dan kurangnya nafsu makan.

Luka

Luka pada SG dapat disebabkan banyak hal. Bisa karena berkelahi sampai dengan proses mereka kawin. Ketika mereka kawin SG jantan akan 'menaiki' punggung SG betina. Terkadang agar 'pegangan' SG jantan itu kuat. SG jantan akan mencengkeram dengan kuat dengan gigitan dan cengkeramannya. Hal ini dapat menyebabkan SG betina terluka bahkan terlihat parah. Luka ini memerlukan pengobatan segera agar terhindar dari parasite dan bakteri. Luka ini kadang bisa sembuh dalam jangka waktu lama bisa berlangsung antara 6 hingga 8 minggu untuk penyembuhannya. Jadi SG betina yang terluka disarankan jangan di kawinkan kembali dalam masa itu.
Luka akibat perkelahian bisa terjadi pada kaki dan tangan serta telinga. Biasannya luka ini sangat kecil dan akan sembuh dengan cepat.
Luka pada kaki dan tangan juga bisa terjadi pada kandang yang tidak sehat, seperti kandang yang berkarat dll. Oleh karena itu, kandang yang dalam kondisi bagus sangat disarankan.


Sembelit

Memakan makanan yang kering secara berlebihan bisa mengakibatkan sembelit pada SG karena kurangnya cairan yang membantu makanan tersebut untuk dicerna. Oleh karena itu hindari makanan yang kering dan selalu sediakan makanan yang segar, hindari juga pemberian berlebihan terhadap biskut dll. Sediakan selalu makanan yang seimbang yang mudah dicerna oleh SG. Hindari pemberian Catfood dan dogfood pada SG. Makanan yang kering dapat menyebabkan masalah di pencernaan atau di usus mereka yang mengakibatkan mereka sangat tidak nyaman.
Tanda-tanda SG sembelit adalah perut menonjol ketika mencoba untuk pup dan biasanya disertai dengan suara mendesis di hidung mereka. Ganti pola makan mereka dengan memberikan buah-buahan yang segar. Jika ini terus berlanjut selama lebih dari 48 jam, anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan.

Mutilasi diri

Mutilasi diri jarang ditemukan pada SG. Tapi hal ini bisa terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh Stress dan depresi serta masalah kesehatan.Dengan tentu saja menyampingkan ketersediaan makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh SG. Karena biasanya para owner selalu menyediakan makanan yang berimbang bagi SG nya.
Meskipun informasi yang simpang siur di internet akibat mutilasi ini. Menurut pendapat saya, hal ini banyak disebabkan oleh stress dan depresi. Apabila SG dibiarkan selalu sendiri dikandang tanpa ada temannya, atau bahkan kehilangan pasangannya. 
Dalam beberapa kasus, banyak di temui SG yang memakan bagian tubuhnya sendiri seperti alat vitalnya, ekornya, bagian kaki atau tangannya dll.  
Tanda awal dari mutilasi diri termasuk terus mengunyah sendiri, biasanya sekitar anus, alat vital atau pangkal ekor.

Kegemukan

Pemberian makanan yang mengandung lemak atau protein yang berlebihan dapat menyebabkan SG kegemukan. Oleh karena itu sangat disarankan memberikan pola makan yang seimbang untuk SG. Kurangnya aktifitas yang tersedia di kandang atau jarang mengajak main SG nya juga dapat mengakibatkan kegemukan. 




Gemeteran atau menggigil


Gemeteran atau menggigil pada SG ketika kita ambil disaat mereka tertidur adalah normal. Tetapi apabila hal ini terus berlanjut setelah beberapa lama, terutama pada kakinya yang selalu gemetar dan tidak bisa memanjat, hal ini bisa terjadi karena kekurangan kalsium. Treatment yang dilakukan bisa dengan mengganti pola makannya yang mengandung banyak kalsium. Pemberian suplemen kalsium juga perlu dilakukan. 


Bulu rontok


Jika kerontokan bulu di tengah kepala laki-laki, maka itu adalah normal, karena itu adalah kelenjar aroma laki-laki. Jika kerontokan rambut di bagian tubuh lainnya, baik itu rontok secara keseluruhan atau menipis, itu bisa berarti tungau atau infeksi jamur atau malnutrisi. Sekali lagi berikan makanan yang bergizi dan seimbang untuk SG anda.
Bulu rontok juga bisa disebabkan oleh stress dan depresi, Biasanya disebabkan karena SG yang selalu sendiri dalam waktu yang lama atau kehilangan pasangannya.

Kurangnya nafsu makan. 

Penurunan nafsu makan atau makan sangat sedikit bisa berarti beberapa hal. Stress bisa menjadi salah satu akibatnya dan ini biasanya terlihat pada SG di rumah baru. penyebab lain adalah parasit internal, seperti cacing dan mikroorganisme dalam usus yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Penyebab lainnya adalah pada gigi atau rahang. Periksa gigi untuk kerusakan apapun dan pastikan tidak ada pembengkakan pada gusi.
Pengobatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika baru mengenal lingkungan baru, itu adalah normal. Jika gigi memiliki masalah, kunjungi dokter hewan untuk pengobatan.
 

Dehidrasi

Sugar Glider akan mengalami dehidrasi jika matanya terlihat kusam, kulit yang sangat kaku. Periksa SG anda dengan mencubit kulit di belakang leher. Jika ditarik dalam satu detik dan kembali kebentuk semula, maka SG anda sehat. Tetapi jika lipatan kulit masih ada setelah 1 detik, maka SG anda mengalami dehidrasi dan akan membutuhkan cairan.
Pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian air yang mengandung glukosa seimbang. Disini saya menyarankan pemberian juice buah untuk SG saya.



Diare

Tinja yang berair. Jika tinja atau kotoran lembab seperti pasta gigi, maka itu adalah normal tetapi jika kotoran yang basah dan tidak memiliki bentuk, itu adalah diare. Hal ini dapat disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, makanan yang terinfeksi atau rusak/basi, atau parasit.
Untuk pengobatan, biasanya saya memberikan diatabs untuk SG saya. dengan takaran setengah tablet untuk 1 SG. Caranya adalah : mencampur 1 tablet diatabs tersebut dengan air mineral kedalam 1 botol minuman mineral yang paling kecil (aqua baby atau botol minuman yoghurt cimory). Tunggu hingga obat tersebut larut. Setelah larut, gunakan air yang telah tercampur obat itu untuk membuat makanan SG. Apabila air di botol tersebut masih ada, tutup rapat botol tersebut, bisa dilakukan terus ke esokan harinya jika membuat makanan SG lagi. Gunakan hingga air di botol itu habis.Sebaiknya penggunaan obat jangan melebihi waktu seminggu.
Apabila terus berlanjut, datangi dokter hewan.
Gambar ini adalah normal. Warna tinja bisa berubah tergantung asupan makanan yang kita berikan. Semakin berprotein tinggi akan semakin gelap warnanya




Katarak


Katarak pada mata disebabkan oleh SG yang sering terkena matahari langsung. Hal ini tidak bisa disembuhkan. Tapi apabila ini terjadi dan kita bisa menghindarinya. Hindari SG terkena matahari langsung. Jangan khawatir SG anda tidak bisa melahirkan keturunan atau anaknya akan katarak pula. JOEY dapat terlahir dengan sempurna kok. JOEY tidak akan mengalami katarak pula.
Hal ini sama dengan tetangga saya yang buta. Sepasang suami istri yang tunanetra dapat menghasilkan keturunan yang sehat meski orangtuanya tunanetra.






Bibir sumbing


Bibir sumbing bisa terjadi karena parasit yang menghinggap mereka. Biasa terdapat pada SG hasil tangkapan liar. Banyak yang berkata (terutama para pedagang) bahwa bibir sumbing itu akibat perkelahian. Menurut saya ini tidaklah selalu benar. Mari kita telusuri perjalanan SG hasil tangkapan liar dari hutan sampai ke tempat pedagang hewan. SG ditangkap secara berjamaah, lantas dikumpulkan dalam satu tempat (yang parahnya kardus karton). Didalam kandang sementara itu mereka pup dan pee sembarangan. Kotoran mereka mengandung bakteri dan parasit. Bagian tubuh mereka yang tidak tertutup bulu seperti telinga, hidung dan mulut, kaki dan tangan sangat rentan terkena bakteri dan parasit ini. 
Disini saya mempunyai SG yang berbibir sumbing di foto sebelah kanan


Seperti Katarak. SG yang mempunyai kelainan bibir sumbing juga dapat menghasilkan keturunan yang baik. Jadi apabila anda mendapatkan SG yang terkena katarak atau bibir sumbing, Jangan ragu untuk adopt SG tersebut. Bahkan saya sangat menghormati anda apabila SG tersebut anda adopt. Karena mungkin SG tersebut akan mendapatkan perlakuan yang baik dari anda daripada di pedagang hewan tersebut.


Hind Leg Paralysis (HLP)
 
Kelemahan dari kaki belakang. Dapat dilihat saat SG memiliki masalah dalam memanjat, berjalan, terlalu memiliki kaki gemetar dan mungkin tidak aktif lagi. HLP terjadi karena SG yang kekurangan asupan kalsium. Oleh karena itu asupan makanan yang mempunyai kandungan kalsium yang cukup harus selalu diberikan.


Pemberian kalsium dapat dipenuhi oleh sumber makanan alami mereka seperti jangkrik dan juga suplemen kalsium yang biasa diberikan untuk reptile.

Hal terbaik untuk penyakit ini tidak ada kata lain selain mencegahnya dengan memberikan asupan kalsium yang cukup.
Saya juga memiliki SG yang mempunyai penyakit ini sebelumnya, dan sekarang telah sembuh bahkan telah melahirkan se ekor JOEY. Pada waktu itu selalu saya berikan jangkrik dan ulet hongkong untuk Lefty.

Demikianlah beberapa penyakit yang biasa terjadi pada Sugar Glider.
Sumber didapat dari berbagai situs luar negeri.

Pada post berikutnya akan saya sertakan jenis-2 penyakit pada SG dan cara penyembuhannya.



mohon dimengerti

SAYA BUKANLAH DOKTER HEWAN YANG BENAR" MENGERTI AKAN PENYAKIT DARI SUGAR GLIDER

saya hanyalah adopter sugar glider
tapi akan saya bantu berdasarkan pengalaman yang pernah saya hadapi

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk

102 komentar:

Unknown January 31, 2012 at 5:59 AM  

om kalau bulu nya carang2 sperti kbotakan,, itu akibat apa? dan bagaimana cara mengobatinya??

sonny catro blog February 1, 2012 at 8:43 AM  

botak dikepala alias pitak???
kalo itu wajar karena dia jantan

Unknown February 9, 2012 at 4:27 AM  

bukan pitak om,, tapi bulu'y carang2... knapa ia??
lalu ekor botak sperti putus2...
saya hnya pelihara 1 ekor..

sonny catro blog February 11, 2012 at 11:22 AM  

mungkin itu over grooming atau hair loss.
coba berikan teman.
disebabkan karena stress sendirian atau karena kehilangan pasangannya

Unknown February 15, 2012 at 5:00 AM  

ekor yang sudah sperti itu apa bisa normal lagi om???

sonny catro blog February 15, 2012 at 11:07 AM  

bisa kok.

afrill March 17, 2012 at 11:19 PM  

tapi kalo sg yg ga bisa gerak kakinya bs sembuh lg kan??sg ku kakiny g bs gerak dr awal piara..selain ulat dan jangkrik apa lagi ya?

sonny catro blog March 20, 2012 at 11:33 AM  

kok bisa gak gerak?
sayang gak bisa liat gambarnya ya...
makanan bisa dikasi madu murni
bisa dicampur di makanannya ato dikasi langsung
buah2 an segar dan sayur2 segar juga boleh kok

Anonymous April 28, 2012 at 4:25 PM  

kalo beli sugar glider cuma 1 tapi sering2 ngajak dia main gimana? dia kira2 bakal stress ga?

VFebriansa April 28, 2012 at 7:55 PM  

om SG saya knp ya udah adopt seminggu tapi tiap kali di pegang gemeter/menggigil gitu,saya adopt SG WC,mohon pencerahannya thanks :)

sonny catro blog May 1, 2012 at 2:58 PM  

@febriana
mereka kan nocturnal. disaat anda memegang atau mengambil sg tersebut, mereka sedang istirahat.
tentu saja mereka gemetar.
sama seperti ketika anda sedang terlelap tidur, pasti anda akan merasa sedikit pusing.

sonny catro blog May 1, 2012 at 3:01 PM  

@anonim.
adopt sg itu sebaiknya memang sepasang.
tapi kalau dana sedikit terbatas, boleh saja membeli 1 ekor dulu.
dengan catatan, ketika anda mempunyai rezeki yag berlebih nantinya, segera dicarikan teman sejenisnya.
karena sesering apapun anda interaksi dengan sg anda, tidak akan bisa menutupi kebutuhan mereka akan teman yang sejenisnya.

Anonymous May 1, 2012 at 8:41 PM  

om kok SG saya muka bagian kirinya kaya bengkak gitu si.? itu knapa ya.??

sonny catro blog May 6, 2012 at 4:12 PM  

@anonim
mungkin itu gejala abcess.
sg juga bisa sariawan dan sakit gigi.
coba berikan GOM !!!
teteskan langsung ke mulutnya.
dosis sekali tetes 2-3 kali selama seminggu.
GOM bisa didapat di pom bensin terdekat yang ada apotiknya disebelahnya ya.

Amalina Putri Riswarta May 14, 2012 at 11:34 AM  

mas sg aku kuku tangannya itu ada beberapa yg copot trus ukuran jarinya jadi bantet aneh gitu.
itu kenapa yah?
kasian kalo liat jari jarinya -_-
dia juga gamau makan jangkrik atau ulet sampe aku tumbuk tumbuk tetep aja gamau makan itu.
maunya buah,madu sm bubur sun doang..
minta solusinya dong..

sonny catro blog May 30, 2012 at 12:36 AM  

@amalina
sg itu aneh.
kadang ada yg pemilih, kadang ada yg bosenan.
kalo gak mau dg makanan tertentu jangan jeran apalagi panik.
kan masih ada makanan lain yang lebih bergizi

esikartikasari June 5, 2012 at 2:48 AM  

sugar glider ku tiba2 kok lemas kenapa ya gan?

Anonymous June 5, 2012 at 4:42 AM  

Om SGku kok bulunya rontok-rontok di bagian bawah telinga kanan trus ada titik merahnya di tengah..
Cara ngobatinya gimana ya?

Jeff June 5, 2012 at 5:15 AM  

om kalau bulu nya carang2 sperti kbotakan,, itu akibat apa? dan bagaimana cara mengobatinya??

Anonymous June 5, 2012 at 5:47 AM  

om sg ku kakinya bengkak trus d kasih propolis d olesin. klo d jilatin gmn ? trus skrg ga napsu makan maunya makan jangkrik. brp max boleh mkn jangkrik?

Anonymous June 6, 2012 at 3:27 AM  

om sg ku kaya keselek gini terus lidah nya keluar gimana ya om

sonny catro blog June 7, 2012 at 5:48 AM  

maaf baru bisa bales ya???
next time ke sini aja buat fast response
https://www.facebook.com/SonntroSugarGliderCares

@esikartika
lemes kenapa? sebelumnya dikasi makan apa dan gejalanya gimana?

@anonym
rontok gimana maksudnya?

@jeff
carang2 ???
dikepala?? itu ciri sg dewasa jantan

@anonym
kaki bengkak oleskan geramicin aja
dijilat propolisnya gpp
sehari saya tidak pernah ada patokan sih

@anonym
keselek??? coba dilihat dulu, giginya utuh gak???

to all
next time kesini aja ya???

https://www.facebook.com/SonntroSugarGliderCares

untik fast response

Anonymous July 30, 2012 at 10:05 PM  

gan ,ane adopt SG cinnamon ,mataNYA KATARAK SEBELAH
kira2 klo ane silangin sana jenis laen bisa gak ??

sonny catro blog August 3, 2012 at 3:42 PM  

mata katarak biasanya disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.
akibatnya, matanya yg sensitif itu menjadi katarak karena selalu melihat matahari secara langsung.
mata katarak juga bisa disebabkan karena terlalu banyak lemak.
jadi perhatikan makanannya

Unknown October 11, 2012 at 11:12 AM  

1.bos punyaku bulu kakinya rontok dan kulitnya jadi biru2 lalu birunya makin gelap.juga sekitar hidung juga bulunya rontok.kenapa ya.klu kena parasit apakah obat dan cara penggunaannya?
2.apa boleh disatukan dgn bajing terbang? salnya aku satu kandangkan dgn bajing terbang mereka pada akur soalnya aku satukan sejak kecil.

Unknown October 31, 2012 at 5:14 AM  

untuk sg yg gemeteran terus,,, treat jangkriknya setiap hari atau jarang" boss?

Unknown October 31, 2012 at 5:15 AM  

boss, klo treat untuk sg yg gemeteran trz, jangkrik nya dikasih setiap hari atau jarang? tolong infonya thx

Anonymous December 14, 2012 at 7:50 PM  

om kalo bengkak item gitu kenapa ya? di ujung jari sama muka gitu jadi bengkak-bengkak warna item

Anonymous December 22, 2012 at 6:04 AM  

gini loh saya beli SG trus saya mandiin abis itu saya bawa kekamar sambil saya sikat" biar kering abis itu saya taro di atas kasur ehh dia ngumpet di balik jaket saya ywdah saya bersihin sikat ehh pas saya cek dia ilang om abis itu saya panik yaudah saya cek semua pas saya angkat kasur gaktaunya dia udah gak bergerak tapi masih hidup trus lama kelamaan dia memutilasi diri dia gak bisa gerak udah 1 bulan dia masih hidup solusinya gimana tuh om ghara?

Unknown March 4, 2013 at 5:21 PM  

om, saya baru adpot SG WC tapi udah jinak umurnya 4bulan. nah dari kemarin sampe sekarang dia makannya seedikit itupun harus disuapin, dia cuma maunya minum susu. apa itu gpp? terus hari ini dia aga ga aktif, apa dia sakit?

jelly gamat gold April 2, 2013 at 5:55 PM  

Pagi, saya baru adopt SG juga . Usianya masih 1.5bulan . Kurang lincah keknya dan nafsu makannya juga kurang. Apa mereka sakit? atau masih belum kenal lingkungan barunya? solusinya gimana ya? satu lagi, pola makannya sehari biasanya berapa ya ?? Trims :)

Redi Hidayat Chaniago May 5, 2013 at 10:27 AM  

mau nanya min joey ane kayanya kakinya cedera kaya patah gitu ada tips buat pemulihannya ga ? thanks

Anonymous May 24, 2013 at 12:51 AM  

Om SG ane Mutilasi dirinya sendiri d bagian Buntutnya cara ngatasinnya gimana kasih tau dong? Pliese.. kasian SG ane.. :'(

Anonymous May 25, 2013 at 1:48 AM  

Om SG saya ngga mau makan
Dia cuma mau makan sedikit
Gimana solusinya

Anonymous August 11, 2013 at 1:44 AM  

bang klo bersin bersin pas di pengang tu knapa ea

Anonymous August 26, 2013 at 7:19 PM  

om..SG..aku..suka..liat..bokep..itu..gimana???mohon..pencerahan

Unknown October 10, 2013 at 11:28 AM  

Sg itu bisa mengikuti kriteria pemiliknya
Kalau sg suka liat bokep bisa jadi karna pemiliknya liat bokep
Dan kenapa pemiliknya suka liat bokep bisa jadi karna org tua pemiliknya suka nntn bokep jg
Solusinya cucuk mata ada dengan kedua jari anda dan coba anda liat bokep apakah keliatan lag
Begitu jg gunakan solusi itu ke sg dan orgtua anda
Trims

Unknown October 10, 2013 at 11:31 AM  

Sg itu bisa mengikuti kriteria pemiliknya
Kalau sg suka liat bokep bisa jadi karna pemiliknya liat bokep
Dan kenapa pemiliknya suka liat bokep bisa jadi karna org tua pemiliknya suka nntn bokep jg
Solusinya cucuk mata ada dengan kedua jari anda dan coba anda liat bokep apakah keliatan lag
Begitu jg gunakan solusi itu ke sg dan orgtua anda
Trims

Unknown October 29, 2013 at 8:57 AM  

saya beli SG udah 3 hari tapi SG kita masih gigit kita juga,,itu gimana ngatasinya om sonny?

Blue Generation November 11, 2013 at 6:15 AM  

Om,anus sg saya bengkak gede bgt..itu knapa ya??

Unknown January 26, 2014 at 9:17 AM  

Bang, sg ane knp ya jilatin perut nya terus bener2 lepek, ip mungkin ya karna betina, tp yg bikin khawatir knp daerah yg di jilatin ampe rontok ya? Ga ada bulu sama sekali dan kemerahan gt, itu knapa ya tolong info nya bang,

Unknown March 22, 2014 at 8:23 PM  

om sg aku kok buntutnya gak ada ya? awalnya cuman setengah habis dia melahirkan terus hilang lagi setiap aku liat buntutnya selalu memendek kenapa ya itu?

Unknown March 22, 2014 at 8:23 PM  

om sg aku kok buntutnya gak ada ya? awalnya cuman setengah habis dia melahirkan terus hilang lagi setiap aku liat buntutnya selalu memendek kenapa ya itu?

Unknown March 30, 2014 at 4:41 AM  

gan kalo sg jari nya kekuning-kuningan itu kenapa ya ?

Anonymous April 10, 2014 at 3:18 AM  

Om klo sg lemas itu gi mna om?

Unknown August 12, 2014 at 2:35 AM  

Gan,mau tanya donk bibir sumbing pada SG itu apa akan bs sembuh atau bs cacat seumur hidup? Thx before

Anonymous September 5, 2014 at 1:20 AM  

Pak klo kejang2 sambil tiduran tu tanda2 mw mati ya?

Anonymous September 27, 2014 at 8:18 PM  

Cara merawat sg umur 2bln gimana ya? Sg saya gemetar dan diem saja..kayak ga mau makan..soalnya baru dapet 1 hari..mohon petunjuk senior2...

nikkoharjo February 3, 2015 at 12:02 AM  
This comment has been removed by the author.
Unknown July 8, 2015 at 10:00 AM  

Gan mau nnya SG saya suka bersin2 (flu) itu knp yaa ?

Rama aditya July 30, 2015 at 9:28 PM  

kalo SG yang tercebur ke air itu bisa disembuhkan gak gan?? disembuhkan menggunakan apa??

blindlove August 4, 2015 at 11:01 AM  

Om sg saya abis kaki abis kena rice cooker pas saya masak nasi.apakah solusinya om?

Unknown October 18, 2015 at 7:18 AM  

Om. Sg jantan saya dari duburnya keluar kaya kelamin .. bentuknya kaya cacing dua buah.. itu kenapa ya ??

abe nugroho February 13, 2016 at 10:49 PM  

Kalo setau ku jgn di kasih susu

abe nugroho February 13, 2016 at 10:51 PM  

Jamur kuku itu bunuh aja SG nya hahahahahha

abe nugroho February 13, 2016 at 10:51 PM  

Jamur kuku itu bunuh aja SG nya hahahahahha

Unknown April 16, 2016 at 3:51 AM  

Om kalo SG ku kadang2 nafasnya kyak gak beraturan yaa, kadang suaranya nafasnya besar banget kyak orang ngorok, terus abis nafasnya gtu SG sya kyak kamu gtu badannya, seperti kejang mau muntah tapi setelah itu biasa lagi,, bagaimana ya om, minta tolong solusinya. Terima kasih

Unknown April 16, 2016 at 10:07 PM  

Om kalo SG ku kadang2 nafasnya kyak gak beraturan yaa, kadang suaranya nafasnya besar banget kyak orang ngorok, terus abis nafasnya gtu SG sya kyak kamu gtu badannya, seperti kejang mau muntah tapi setelah itu biasa lagi,, bagaimana ya om, minta tolong solusinya. Terima kasih

Unknown May 24, 2016 at 9:54 AM  

Iyah punya saya juga om kaya usus gitu keluar dr dibur trus didiemin masuk lagi bentuk ususnya, nah gara2nya terlalu kepencet pas dipegang pacar trus abis itu dia malah ngurung aja ditempurung kelapa itu kenapa ya om??

Unknown September 22, 2016 at 9:32 AM  

Om klo sg pas lagi pup pantatnya berdarah kenapa ya ? Terus dia klo di kasih minum gamau minum

Jihounie~ssi^tempat sikomik (sinopsis komik) November 6, 2016 at 5:43 AM  

Bagaimana cara mengobati luka akibat kawin di Sg???
Soalnya Sg aku tuh sudah punya anak 6
Trus kawin lagi, nah saat aku liat lagu keadaannya si betina ada di samping jantan dan si jantan lagi tiduran di sudut dan ada bulu di mulut su jantan dan ternyata itu bulunya si betina di daerah leher bagian belakang?? Jadi bagaimana caranya supaya tidak infeksi???
Mohon saran

Unknown November 28, 2016 at 3:54 AM  

Om peliharaanku jenis tupai kelapa baru melek, permslhan baru2 ini perutnya sprti kembung tdk mau makan dan mulutnya mangap2 berkali2 sptri orng sesak nafas, kira2 gmn cara mengatasinya, terima kasih

Unknown November 28, 2016 at 3:54 AM  

Om peliharaanku jenis tupai kelapa baru melek, permslhan baru2 ini perutnya sprti kembung tdk mau makan dan mulutnya mangap2 berkali2 sptri orng sesak nafas, kira2 gmn cara mengatasinya, terima kasih

Unknown January 8, 2017 at 6:52 AM  

Om ko sugar glider punya saya dibagian yg buat pupnya itu keluar kaya merah merah gt trus bentuknya lonjong,itu kenapa ya?

Unknown January 8, 2017 at 6:53 AM  

Om ko sugar glider punya saya dibagian yg buat pupnya itu keluar kaya merah merah gt trus bentuknya lonjong,itu kenapa ya?

Unknown January 17, 2017 at 2:34 AM  

itu alat kelaminnya

Unknown January 23, 2017 at 1:38 AM  

Kalo SG saya bagian sekitar pantatnya basah dan sedikit membengkak bagian duburnya itu kenapa ya ? Cara mengobatinya gmn ?

Unknown February 2, 2017 at 9:41 AM  

Pak, gmana cara mengatasi sg yg over grooming .. alias gatal berlebihan, sy bru adopt 3 hari .. blom.bs move on sm ibu nya ..

Unknown March 2, 2017 at 6:12 AM  

Maaf mau tanya knp kalo SG bernafas kayak susah & bagaimana solusinya mksh.

Risa Pratiwi May 4, 2017 at 11:04 PM  

Om sg saya kaya terancam melulu setiap ngeliat kita deketin jari ke dia, itu kenapa ya? Trus gimana ngatasinnya biar dia ga takut lagi?

Risa Pratiwi May 4, 2017 at 11:05 PM  

Takutnya itu karna trauma atau stres

Unknown July 7, 2017 at 5:13 PM  

Misi bang,pagi ini ada hal tidak terduga,Kucing saya narik buntut sg saya smpe putus(sedih banget) tapi masih tersisa pangkalnya dan sisanya ga ada,apakah bisa diobati bang?dan cara pengobatannya sprti apa?lalu stlh diobati apa akan kmbali seperti sedia kala?terimakasih,mohon bantuannya bang

Unknown November 17, 2017 at 1:53 AM  

Om mau tanya. Saya punya SG tp dia kalo bernafas seperti bersuara juga seperti flu. Obatnya apa ya.
Juga cara merawatnya gimana.?
Makasih om sebelumnya

Unknown January 14, 2018 at 2:25 PM  

Di leher sg saya terdapat lubang kecil, itu kenapa yaa?

Unknown January 17, 2018 at 7:28 AM  

Bro, SG sya kok kayak ada daging kayak tali kecil d bagian anusnya,. Pas buang air besar kotorannya itam keras,. Ambeien apa gimna ? Gimana cara ngobatinya soalnya d sini gak ada dokter hewan. Makasih bro.,

Unknown February 12, 2018 at 1:01 AM  

Apakh gigi SG bisa patah sendiri bagian ujungnya.?
Soalnya saya adop dri kcil giginya baik" sja tapi setelah beberapa bulan bru sya prhatikn ujung giginya patah sdikit tapi makan lancar sih dan SG nya sehat" aja

Unknown February 12, 2018 at 1:03 AM  

Itu SG jantan kan bro,, itu alat kelaminnya bro hehe

Unknown February 20, 2018 at 4:05 AM  

Saya bertanya cara mengobati sg yg sering bersin2 bagaimana cara mengatasinya

Unknown June 27, 2018 at 1:06 PM  

Sy juga bgtuu,karna panik ..sy tarik kelaminnya ..sy oikir cacing ..bisa mati gak yaaa?!!

Unknown August 12, 2018 at 8:30 AM  

Saya mau tanya, saya udh adopy SG kisaran umur 3 bln, tp kadang setiap saya ajak main dia suka gigit dan sakit walau gak berdarah, itu Gimana ya cara jualin biar dia gak gigit2 trus?

Unknown September 23, 2018 at 2:51 AM  

Om sg Saya Kok gigi'a hitam, itu knp y om ?

Arif dwi April 19, 2019 at 9:23 AM  

Kak punya saya sudah sepasang sudah lama baru sadar sore tadi sepulang kerja dia gigit gigit ekor nya setelah saya keluarin ternyata sudah hilang bulu ekornya mau habis gimana kak cara ngobatinnya dan pakai obat apa yg sekirannya cepat tumbuh lagi

Unknown June 30, 2019 at 9:01 PM  

Kenapa kalau dia bergerak bpusing2

Mickey December 13, 2019 at 5:28 PM  

Hi..mw tanya bha..klw suger glider sya nii ludahnya luka berdarah macam mana kasi baik ya?

Unknown December 18, 2019 at 9:16 PM  

Perimisi numpang tanya hu , kenapa yak bagian perut sg saya tibatiba ada benjolan besar gitu , setau saya itu penyakit bukan lagi ip , terimakasih.

Miko January 1, 2020 at 5:24 AM  

Sg saya dari anus nya keluar darah itu knp ya

Novera Dwi Wahyuni January 6, 2020 at 9:18 PM  

kak kalo sg saya ujung ekornya mau putus itu diapain ya kak? apa saya oles minyak aja ?

Unknown February 7, 2020 at 4:28 AM  

Sg glader ku tiba"mkn lintah.beberapa hr kemudian dia lemas seperti mau mati.apakah itu akibat dr racun lintah tersebut?dan bgmn cara u/pertolongannny?

Unknown February 7, 2020 at 4:33 AM  

Sg ku tiba"mkn lintah.dan beberapa hr kemudian sg ku .seluruh tubuh ny lemas
Seperti mau mati.apakah itu akibat dr racun lintah tersebut.mohon dong ka.bgmn cara pengobatanny?

Unknown March 1, 2020 at 8:35 PM  

Kak sg ku kok gemetar itu kenapa ya kak?coba kali aja.ada solusinya

Unknown March 7, 2020 at 5:37 PM  

Ka sg saya di daerah pantatnya suka keluar merah merah itu apa ya k

Anonymous April 4, 2020 at 4:21 AM  

Sama. Jadi bau mulutnya.. karang gigi kyk nya..

Unknown May 3, 2020 at 9:31 AM  

Kak, SG betina ku belum lama berantem sama SG jantan. Aku baru sadar, kalau di bagian sebelah kiri dekat mulutnya kulit nya sobek. Jadi aku pisahkan kandangnya. Kira² obat betadine cream boleh dipake gak ya? Soalnya aku liat di youtube bisa pakai sih. Makasih kak sebelumnya, mohon di respon.

Bagas July 20, 2020 at 10:12 PM  

Om SG saya flu kaya bangkis² bgtu om, cara penangananya gmnh yaa om???
Badannya lemes juga

Bagas July 20, 2020 at 10:19 PM  

Om SG saya flu kaya bangkis² bgtu om, cara penangananya gmnh yaa om???
Badannya lemes juga

Unknown August 26, 2020 at 4:06 AM  

Lur mau tanya knapa ya SG saya nafasnya gak beraturan? Dan nafsu makan kurang .

UnbelievableSepty_94 December 27, 2020 at 7:17 AM  

Kaak,, mohon bantu jawab ya
Sg ku digigit kucing ekornyaa, dan hampir putuss, itu nanti di obatin pake apaa, kasian bgy badanya agak panas

Ulet kasur April 17, 2021 at 8:57 AM  

Kalo pengen kaya Cara nya gimana ya? apa anak tetangga Saya jual Aja?

Unknown August 9, 2021 at 7:45 PM  

Sorry om sg saya baru tadi malem ekornya ilang kira" bisa tumbuh lagi?
Terimakasih

Peace August 29, 2021 at 5:35 PM  

Om SG saya abis beberapa hari ini kawin tpi ko betinanya lemes gitu trus bulunya pada Bopak gitu knp ya ? Apa bisa normal lagi bulunya ?

Unknown January 16, 2022 at 4:58 AM  

Om saya mau tanya nih sugar glider saya yg jantan di bagian dada nya ada yg berlubang sebelah kiri kaya luka cara untuk mengobati nya gmna ya🙏🙏

Unknown April 8, 2022 at 3:04 AM  

Om,mau tanya nih, sugar glider saya pangkal ekornya basah terus,, kenapa ya??? Makan masih lahap juga,

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP