Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Saturday, August 13, 2011

Pertimbangkan kembali sebelum adopt Sgar Glider

Melihat berbagai forum yang menyediakan fasilitas jual beli. Saya merasa prihatin dengan banyaknya orang yang menawarkan SG dengan alasan :
* Sudah sibuk / gak ada waktu lagi
* Tidak diperbolehkan lagi atau pada waktu SG ada dirumah tidak diperbolehkan untuk di adopt oleh orang tua atau anggota keluarga lain.
* Butuh Uang
* dll 
* dll


Oleh karena hal tersebut di atas, saya bereaksi dengan menulis tulisan ini.


Pertanyaan mendasar yang ada di pikiran saya adalah :


Apakah sebelum memutuskan untuk adopt SG telah melakukan riset tentang SG ???

Apakah sudah mengajukan penawaran kepada anggota keluarga ???


Sugar Glider adalah hewan yang eksotik dan unik yang oleh karena itu memerlukan perawatan dan penanganan khusus. Meski secara teori sangat sulit, seperti harus menyediakan makanan yang seimbang, juga harus sering menghandle SG tersebut dll. Tapi sebenarnya semua itu adalah mudah sekali dalam perawatannya.
Banyak orang tertarik memelihara Sugar Glider karena melihat foto-foto atau video-video bahkan di tayangan telivisi bahwa SG bisa terikat kepada ownernya/adopternya.
Tetapi karena di dorong oleh nafsu dan minimnya pengetahuan yang didapat (hal ini bisa ditutupi dengan mengadakan riset terlebih dahulu), mengakibatkan para calon adopter/adopter baru salah dalam merawat dan menanganinya.

Berulang kali saya sering katakan :

LAKUKAN RISET TERLEBIH DAHULU SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK ADOPT SUGAR GLIDER !!!

ADOPT SUGAR GLIDER MEMBUTUHKAN KOMITMEN.

ADOPT SUGAR GLIDER BUKANLAH HANYA MENYEDIAKAN MAKANAN DAN MINUMAN DI DALAM KANDANG LANTAS BISA ANDA TINGGALKAN BEGITU SAJA !!!


Oleh karena itu saya mengajak para owner/adopter SG untuk memberikan atau membagi pengalamannya kepada calon owner SG agar calon owner atau calon adopter tersebut tidak tersesat dikemudian hari yang dapat mengakibatkan SG nya terlantar.


Kembali kepada fenomena yang terjadi dalam jual beli ini. Mari kita analisa bersama dengan harapan hal ini tidak terjadi pada diri kita calon adopter SG. Kenapa mereka menjual kembali SG nya.

Apakah karena sudah terlalu sibuk sehingga tidak sempat untuk merawat dan lantas menjualnya???
Sebelum anda adopt SG, pertimbangkanlah selalu bahwa setiap kali anda memutuskan untuk adopt suatu hewan peliharaan, anda di tuntut suatu kewajiban baru. Yaitu merawat dan memeliharanya serta memenuhi semua kebutuhannya. Oleh karena itu pertimbangkanlah hal ini selalu !!! Bukan hanya sekarang, beberapa minggu atau beberapa bulan kedepan, tapi untuk seterusnya !!!
Contoh kasus ya saya sendiri, he he he
Saya adalah seorang pekerja film, yang tidak mempunyai waktu tetap dalam bekerja. Pergi pagi, selesai pagi lagi, istirahat hanya beberapa jam saja lantas pergi lagi untuk memulai syuting lagi karena dikejar deadline tayangan. Selelah apapun saya setelah bekerja, masih saya usahakan untuk merawat mereka, meski hanya sekedar menggantikan makanan dan minuman mereka saja. Tapi masih bisa saya sempatkan untuk merawat Sugar Glider saya. Karena se sibuk apapun dikejar deadline entah itu seminggu, bahkan berbulan-bulan, pasti saya akan diberikan hak untuk libur meski hanya 1 hari. Di hari yang kosong itu, saya meluangkan waktu untuk merawat semua SG saya menggantikan waktu yang dulu terbuang. Karena sebelum saya memutuskan untuk adopt SG, saya telah berkomitmen untuk selalu merawat dan memperhatikan serta memenuhi kebutuhan mereka.


Selama saya menjual SG saya sering menemui bahwa mereka (calon adopter) ternyata tidak diperbolehkan untuk adopt SG oleh anggota keluarganya. Sebagai seller yang hanya mencari keuntungan semata, mungkin bagi saya ini bukanlah problem saya. toh saya sudah dapat uangnya bukan???
Tapi hal ini menjadi perhatian saya. Biasanya setelah saya selesai menjual se ekor SG, saya belum memakai uang tersebut untuk jaga-jaga. Seperti ; apabila ada masalah dalam pengiriman, ada masalah dalam kesehatan SG yang saya perjualbelikan seperti mati dll. Saya beberapa kali menemui kasus SG tersebut di pulangkan kembali kepada saya dengan alasan tidak boleh dipelihara oleh anggota keluarganya. Biasanya tidak lebih dari seminggu, adopter/buyer tersebut memberitahukan kepada saya bahwa ia ingin menjual SG nya kembali karena alasan ini. Dan biasanya saya ambil kembali dengan mengembalikan uang yang telah saya terima dari buyer/adopter tersebut.
Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk adopt SG, pertimbangkanlah alasan ini.


Alasan yang lain adalah butuh uang. Agak menarik sebenarnya alasan ini. Sugar Glider disamakan seperti barang elektronik atau benda mati yang lain yang bisa membenarkan alasan ini. Sugar Glider bukanlah sesuatu yang bisa anda pertimbangkan untuk suatu investasi. Saya yakin sekali, sewaktu seseorang memutuskan untuk adopt SG, telah bersusah payah mengumpulkan uang yang tidak sedikit dengan mengorbankan hal lain, seperti misalnya menahan diri untuk membeli suatu barang lain atau bahkan menahan diri dengan mengurangi jatah sesuatu yang sudah menjadi kebutuhan sekunder sehari-hari. Jadi janganberfikir anda bisa berinvestasi dg membeli SG lantas nanti apabila anda membutuhkan uang lantas bisa anda jual kembali SG anda.


Kemarin ada seorang teman yang datang ke rumah saya. Alasan dia datang adalah ingin membeli SG saya. Meski saya katakan saya tidak mempunyai SG lagi, dan saya berniat istirahat untuk beberapa bulan dari dunia SG terutama jualbeli, beliau tetap tidak percaya dan dengan tiba-2 sudah ada di depan rumah. Dengan melihat langsung semua kandang saya barulah dia percaya bahwa saya tidak mempunyai SG lagi (meski ada 3 ekor joey yang tetep mau saya keep-Syubu , LIl Sexy dan Ally ). Lantas saya berkata kepada dia, kenapa gak ke July ??? Dia bilang, July juga kosong. Dan balik bertanya sembari menceritakan kepada saya, bahwa sekarang banyak di forum (maaf tidak mau saya sebutkan) yang memperjualbelikan SG tapi terlihat seperti kucel dan kusam tidak terawat. Lantas terlahirlah diskusi seperti diatas tersebut.
Tapi ada 1 hal lain yang mengusik hati kami berdua. Kami yakin ada hal lain yang sebenarnya tidak di sebutkan seller tersebut. 
Jangan-jangan itu adalah SG WC. Yang karena tidak tau cara perawatannya dan mungkin karena SG tersebut liar dan gigit terus sehingga menyerah dan akhirnya dijual. Dan faktor lain yang disembunyikan. Hingga akhirnya kami hanya bisa menduga-duga.
Lantas dia bertanya "gw beli gak ya son???" 
Saya jawab ; lu kayak orang baru yg oon aja sih ??? Kita tau resiko transaksi di dunia maya. Semua barang yang ditawarkan mungkin tidak sesuai dengan yang dijelaskan. Banyak tips yang sudah dishare oleh orang-orang tentang transaksi di dunia maya. Seperti memeriksa track rekord seller tersebut, terutama ttg barang yang dijualnya. Meskipun ia mempunyai track rekord yang bagus tentang suatu barang. Tapi apakah juga berlaku dengan transaksi terhadap SG ???
Sebaiknya lakukan transaksi dengan sistem COD-Cash On Delivery. Artinya lihat kondisi barang tersebut sebelum melakukan pembayaran di suatu tempat yang telah disepakati. Tekankan kepada penjual, kalo barang yang di pesan tidak sesuai dengan yang di inginkan, urungkan niat untuk membeli. Tanyakan segala sesuatu hal tentang barang tersebut. Apalagi ini makhluk hidup. Dan juga tanyakan layanan setelah proses transaksi dilakukan atau after sales. 
Apabila ada kejanggalan dari SG tersebut seperti kondisi fisiknya, kesehatannya dll. Sebaiknya urungkan saja niat untuk membeli SG tersebut. 

Jangan terburu nafsu untuk memiliki SG sebelum mengetahui segala sesuatu hal yang mendasar tentang Sugar Glider.

Lebih baik anda menunggu daripada anda akan dikecewakan di kemudian hari. Hingga akhirnya saya menemukan lapak anda dengan alasan yang telah saya sebutkan diatas


Apabila anda ingin menanyakan reputasi suatu seller kepada saya, baik melalui blog ini, FB atau telp/sms, senantiasa akan saya acuhkan. Karena sama saja saya mematikan rezeki orang.
Tetapi apabila anda ingin bertanya segala sesuatu tentang SG kepada saya. Sebelum anda memutuskan untuk adopt Sugar Glider. Akan saya coba berikan alasan yang mungkin berguna.



saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

2 komentar:

Dante Hady September 2, 2012 at 5:38 AM  

jenis SG ada berapa dan gimana mengobati bekas luka di kepala sehingga bulunya pulih tumbuh merata dan cara berkomunikasi agar jinak dengan SG terima kasih sebelumnya karena saya newbie dan perlu memahami banyak hal akan karakter dan bisa menjadi sahabat SG. :)

Dante Hady September 2, 2012 at 5:39 AM  

yang saya miliki SG dengan bulu Keemasan.

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP