KUMPULAN FOTO

ini adalah kumpulan foto di fb saya

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Sunday, August 7, 2011

Tanda-tanda bahwa Sugar Glider anda sakit

Setelah membahas tentang penyakit yang dapat menimpa Sugar Glider. Lantas seperti apakah tanda-tandanya kalo SG itu sakit???

Jika SG sakit, biasanya mereka menyembunyikan penyakitnya kepada kita dan hingga akhirnya SG itu berujung pada kematiannya. Di alam liar, SG yang sakit akan dikucilkan oleh koloninya sehingga atau dengan harapan predator tidak akan mendekati koloni itu yang bisa membahayakan kehidupan koloni. Seekor SG mampu menyembunyikan penyakitnya sampai akhirnya penyakitnya itu parah dan tidak mampu lagi dia sembunyikan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang menjaga dan merawatnya harus mengetahui keanehan dari setiap sekecil apapun keanehan yang menimpa pada SG kita. 

JIKA ANDA MENEMUKAN KEANEHAN DARI TINGKAH LAKUNYA SEHARI-HARI.
BAHKAN YANG TIDAK DISEBUTKAN DI POSTINGAN INI, BLOG INI, BAHKAN INFO DIMANAPUN BISA ANDA PEROLEH.
SEGERA KUNJUNGI DOKTER HEWAN.
KARENA INI MENYANGKUT MASALAH HIDUP DAN MATI SUGAR GLIDER ANDA.  

Berikut ini beberapa Gejala yang harus dicurigai pada SG anda :
* Gemetar atau menggigil yang berkepanjangan / terus menerus
* Kaki yang pincang, terlihat seperti menyeret-nyeret kaki ketika berjalan atau berjalan yang tidak benar
* Luka
* Bersin-bersin yang tidak normal
* menggaruk-garukan kepalanya tetapi tidak normal gerakannya seperti ketika dia membersihkan diri (grooming)
* Bengkak, tonjolan ataupun benjolan di bagian tubuh manapun
* kurang gerak atau bergerak sangat lambat daripada biasanya (dalam jangka waktu lama)
* Bangun pada siang hari. SG yang sakit biasanya akan mojok di suatu tempat tanpa melakukan apapun.
* Membuat gerakan yang mendadak dan seperti kejang-kejang, kehilangan kontrol ketika melakukan suatu gerakan atau sering terjatuh kehilangan kontrol ketika mencoba memanjat atau bergelantungan.
* SG terlihat seperti stress atau ketakutan dengan melakukan gerakan membabi buta tiada henti.
* Tiba-tiba panik. SG langsung memanjat ketika didekati tapi terlihat tidak bisa mengendalikan dirinya ketika memanjat itu. Hal ini sebaiknya dihindari dengan tidak membuat gerakan tiba-tiba yang menakuti SG tersebut agar SG tersebut tidak jatuh dan terluka.
* Telinga yang selalu merunduk dan mata yang tidak cerah 
* Bentuk urine atau tinja yang tiba2 berubah seperti urine yang sangat kuning yang berlangsung lama dan terus menerus
* Perubahan yang terus menerus dari warna hidung seperti sangat pucat, merah tua atau biru / ungu. Setiap perubahan yang berlangsung dalam lebih dari beberapa jam adalah tidak normal.
* Terluka seperti teriris, karena cedera, terjatuh, bengkak, benjol dll
* Terjatuh kedalam air. yang terparah adalah kedalam toilet. Meskipun SG tidak tenggelam, SG bisa terkena bakteri atau pneumonia (kedinginan)
* Terduga menelan benda asing yang berbahaya (diluar dari dietnya/makanannya)

Sangatlah penting untuk melihat atau mengetahui tanda-tanda yang hampir terlihat sangat tipis perbedaannya dengan penampilan sehari-hari. Seperti apakah itu ???

* Penampilan bulu yang tidak wajar, seperti kucel/kusam, menipis atau memperlihatkan tanda-tanda kebotakan/rontok.
* Pola tidur yang tidak sesuai / janggal. Seperti terbiasa aktif di siang hari.
* Menolak makan atau minum yang telah disediakan. Atau hanya meminum saja dan sebaliknya
* Perubahan yang tiba-tiba dalam berat tubuhnya seperti semakin kurus atau bahkan semakin gemuk secara tiba-tiba.
* Tidur yang berlebihan, selalu didalam pouch, SG terlihat tertekan seperti kehilangan gairah
* perubahan warna pada hidung, kaki dan telinga: tidak lagi menjadi merah muda yang cerah (yang merupakan tanda glider sehat) 
* Kepala yang miring
* Muntah
* Basah di leher, tenggorokan dan perut.

Harap di ingat. !!!
Ketika perilaku atau penampilan SG anda sudah berubah. Kebanyakan penyakit dapat diobati, tetapi ada juga yang tidak dapat diobati, sesuatu yang sederhana bisa menjadi ancaman ke arah kematian.

Tanda - tanda lain yang perlu di awasi adalah :

* Perubahan dalam pernafasan mereka.  Terlihat seperti terengah-engah atau bahkan terlalu lambat.
* Suhu tubuh yang dingin, bahkan ketika berada dalam suatu lingkungan yang hangat.
* Suara mendengus saat bernapas. Beberapa SG akan membuat suara ini ketika tidur. Tetapi apabila suara ini terdengar ketika SG bangun/aktif bisa merupakan indikasi bahwa SG kedinginan.
* dehidrasi (kulit di antara punggungnya tidak kembali kebentuk semula ketika diangkat/dicubit keatas) 
* Sangat haus 
* Rahang yang bengkak
* Menggigit dengan gigi belakang (dalam mengunyah makanan mereka yang seharusnya)
* Ketika mencoba untuk makan, dapatkah SG anda memegangnya dengan benar atau makanan itu langsung jatuh???
* Hissing ketika mencoba untuk pee atau pup
* Sedikit hissing dikombinasikan dengan sedikit crabbing
* Terlihat susah atau sakit ketika buang air kecil/besar
* Selalu buang air kecil dalam jumlah kecil tidak termasuk ketika dia sedang kencing yang sebenarnya atau bahkan ketika kencing sebagai suatu cara untuk menandai teritorinya
* Urine yang berwarna janggal/aneh atau sangat berbau
* Perubahan dengan teman yang se kandangnya (bahkan apabila temannya itu sudah bersama dalam satu kandang) seperti tiba-tiba menyerang dll
* Perubahan tempramen yang mendadak terhadap SG lainnya di kandang dan juga  terhadap anda.

Berikut ini beberapa gambar tentang gejala SG yang sakit;

 mata dan telinga yang terkulai 

 warna kekuningan pada kulit
 Gelembung di kloaka nya
 Pipi atau mata yang bengkak
 Mata yang kusut atau tertutup
 Setiap bentuk luka
 Luka akibat perkawinan
 Persendian yang tidak wajar (karena kekurangan kalsium sehingga menyebabkan HLP) Bila diperhatikan matanya, itu karena katarak
 Ekor yang tidak rata seperti terputus-putus dengan atau tanpa memar atau bahkan benjolan
 Jari-jari yang bengkak (akibat kekurangan kalsium/ dalam gambar ini karena HLP)
 Kebotakan karena over grooming
 Kebotakan karena diet/makanan yang tidak bagus
Kantung/pouch yang berwarna merah, bengkak atau terbalik yang seharusnya didalam pouch jadi diluar pouch
 Mari mulailah jaga Sugar Glider anda hingga terhindar dari segala penyakit.
Maaf apabila ada salah dalam penterjemahan informasi ini. 

45 komentar:

Angga Rarastya (seperti biasa) August 8, 2011 at 8:57 PM  

si ichis kukunya tambah lama tambah panjang om...itu tanda2 apa yah? wwakakakakakakk....

waduuh,,,ngeri nih pnyakit2nya...ck ck ck....ati2 aja dah, jgn sampe kena...hehehe....

Anonymous September 14, 2011 at 2:16 PM  

klo sg nya sakit d bawa ke dokter mana klo d jakarta.. bulunya rada kekuningan soanya...tq

sonny catro blog September 15, 2011 at 12:14 PM  

selama ini belum pernah SG ke dokter
selama ini hanya dirawat sendiri saja berdasarkan pengalaman yang dimiliki.
tapi saya merekomendasikan bertanya kepada july lie untuk dokter yang mengetahui tentang SG
bulu kekuningan bisa disebabkan berbagai hal, mungkin saja terkena pupnya yang menempel di pouchnya
coba perhatikan duburnya, apabila pupnya tidak sempurna dan selalu encer terkumpul di duburnya itu, mungkin itu pertanda mencret dan bisa diberikan diatabs
apabila bulunya rontok di sekitar ekor, kaki/tangan, belakang lehernya (tengkuk)dan bahkan bagian bawah badannya
itu disebabkan oleh stress sehingga dia menyebabkan over grooming hingga akhirnya hair loss.
penyebabnya karena sendirian, kehilangan pasangan atau tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.
penyembuhannnya tidak ada kata lain selalain memberikan teman bagi SG tersebut

Anonymous November 22, 2011 at 5:15 PM  

SUGAR gLider saya susah membuang air kecik dan besar seperti tersumbat dan dia punya bulu selalu basah dan berbau.. ???

sonny catro blog December 25, 2011 at 7:13 AM  

kalau seperti susah buang air
bisa diberikan obat sakit perut seperti diare dengan dosis kecil saja.
saya tidak tahu obat seperti apadi negara anda, tapi cuba dengan memberikan dosis kecil saja dengan obat diare/sakit perut yang ada dinegara anda.
caranya bisa dengan mencampurkannya di makanan sugie anda.
semoga membantu

Anonymous March 14, 2012 at 6:52 PM  

sg saya kok hidungnya ke biru biruan dan bersin2 terus.kenapaya om?

sonny catro blog March 20, 2012 at 11:17 AM  

mungkin dia kedinginan atau ada sesuatu yang mengganggu di hidungnya.
coba perhatikan dulu

zee May 2, 2012 at 12:24 PM  

gan SG ane kakinya benggkaak,, fmn cara ngobatinnya??? mhon infonya

zee May 2, 2012 at 12:27 PM  

o iy gan 1lagi SG ane jg g mw minum jd cm makan apel aj,, knp ya??

Anonymous May 5, 2012 at 5:47 AM  

kalo SG matanya bengkak gimana cara sembuhinnya ya? saya udah coba mengelap matanya pake air putih yang bersih tapi takut ga ngaruh

Anonymous May 6, 2012 at 5:05 AM  

SG saya luka. trus luka tersebut sebaiknya di kopek atau di diemkan saja.? thanks

sonny catro blog May 6, 2012 at 4:15 PM  

oleskan garamicin tipis2 ke luka tsb.
gpp kalo dijilat2.
olehkarena itu sebaiknya tipis2 aja
garamicin bisa dodapat di toko furnitur terdekat yg sebalahnya ada apotik

Anonymous May 8, 2012 at 12:48 AM  

kalo boleh tau, garamicin itu seperti apa.?

Anonymous June 6, 2012 at 3:31 AM  

om sg saya kaya keselek gitu kayak sekarat gitu tolong bantuanya

Anonymous June 13, 2012 at 12:19 PM  

SG punya Q pipinya bengkak, cara ngobatinnya gimana ya? :(

Anonymous July 12, 2012 at 10:05 AM  

Om sg saya malah lebih aktif di siang hari dr pda mlm. Dia siang lincah bgt.. Malem tdur.. Aneh. Kan hewan nocturnal

sonny catro blog July 20, 2012 at 3:40 PM  

garamicin bentuknya seperti salep

keselek karena apa???

kalo bengkak kasih aja GOM

mereka begitu karena belum jinak kepada anda, harusnya diajak main meski siang hari.

@all
untuk fast response lebih baik call aja ke
087885590400
thx

Anonymous August 20, 2012 at 7:01 AM  

Om sg saya tidur terus itu kenapa ya? Ga nau di ajak main?

Anonymous September 12, 2012 at 9:35 AM  

Iya om,. Sg saya juga tidur ƬЯµµƧŠŠ...,,,badanya rada lemes

Anonymous October 27, 2012 at 4:54 AM  

om, muka bagian kiri sg ku kok bengkak itu kenapa ???
sama hidung.x warna.x pucet itu kenpa trus cara penanganan.x gmn ???

Anonymous February 3, 2013 at 1:29 AM  

Om SG sy kok bulu bagian bawahnya dijilatin trus sampe ga kering2,,trus kalo jalan kaki belakangnya lurus ga di tekuk seperti biasax jadi nungging gtu,,tolong infox
...

Anonymous March 13, 2013 at 5:20 PM  

Boleh nyatakan tanda-tanda sg sakit gigi?

bakulpaku a March 14, 2013 at 5:22 AM  

malam bro.. saya baru dapat sg.. tp kenapa selalu berglantung terbalik di kandangnya..trus g perna mau minum.. makasih sebelom nya..

siti aisah ratu p May 11, 2013 at 8:56 PM  

sg saya kakinya bengkak gitu om berwarna merah, itu gimana ya mengobatinya?

Vilar Aziza May 18, 2013 at 4:41 PM  

Sg saya di kupingnya ada yang item item itu kenapa ya? ngobatinnya gimana? terus di bekaps pitak ada lukanya tapi udah kering sih gimana carangobatinnya?

Glorie Mahonny June 5, 2013 at 6:18 AM  
This comment has been removed by the author.
Glorie Mahonny June 5, 2013 at 6:19 AM  

gan hmpir smw cri2 nya ada d sg saya.
gemetar yg berkepanjangan
bersin2
bengkak di jari
kurang bergerak
tdk mau minum
harus di apakan?

theo putra June 11, 2013 at 2:26 AM  

bang mau tanya sg saya kalo jalan tuh kaki belakanya lemes trus kayak di seret gt..pas manjat juga kekyg lemes kaki belakanya..sg saya 4bln+ knp ya kemaren gpp soalnya..ad obatnya kah ?

theo putra June 11, 2013 at 2:27 AM  

sg saya kalo jalan tuh kek yang di seret-seret kaki blkngnya..padahal kemaren gpp skrg kok jd lemes gt yah kakinya..apa ad obatnya kah ?? manjatnya juga jd cm pke tangan dpnya aja..

Anonymous June 15, 2013 at 4:27 AM  

sg saya suka bersin2x tapi tdk terlalu sering..,,masalah itu dianggap serius atau tidak??

rizka aprillia June 29, 2013 at 12:27 AM  

SG saya sering bersin-bersin itu obatnya apa ya....?

Rose Ieta September 14, 2013 at 4:51 AM  

Sg aku d kpala ujung d atas idung botak bulet gtu trus dia suka garuk2 kya kucing trus jilat2in kuku nya trus slalu ngringkuk mojok gtu.itu knapa ya
Mohon bantuAnnya

Asher Adillah September 16, 2013 at 11:44 PM  

Kalo tidur mulu terus gemeter gitu sama ga mau keluar dari pouchnya itu kenapa yaa pas beli kemaren aktif tapi abis itu tidur mulu

Yatt Yatie October 7, 2013 at 5:07 AM  

Sg sy bru berusia 2bulan..makan apple sj..tapi skrg dia berak cair..kenpa ya..adakah ini normal

Yatt Yatie October 7, 2013 at 5:08 AM  

Sg sy bru berusia 2bulan..makan apple sj..tapi skrg dia berak cair..kenpa ya..adakah ini normal

Yatt Yatie October 7, 2013 at 5:09 AM  
This comment has been removed by the author.
frank y October 9, 2013 at 8:54 PM  

Om. mau tanya klo pipi dan mata bengkak harus bagai mana obati nya?
Tq

othonk mochi November 9, 2013 at 12:33 PM  

Om,, om,, mao tanya,, SG'ku lehernya bengkak,, terus sering haus,, tp kaLo udah minum langsung muntah,, ga cuma minum,pas q kasih makan bubur jg muntah,, itu knp ya om? Trz obat yg cocok apa?? Terimakasih,,

Ari Amali November 22, 2013 at 7:15 AM  

gan kalau ekornya kaya putus ngbatinya gmna yah gan

Anonymous December 11, 2013 at 1:07 AM  

klo hudungnya pucat, males brgerak, males minum n mkan tandanya dehidrasi,,,sering2 kasi sg buah2an n sayuran yg tinggi kdar airnya ,,contoh : apel, pepaya, mentimun, pear
.
klo kaki blakngnya males gerak, brarti sgnya kurang kalsium,,nnti sg nya bisa lumpuh tu, akhirnya mati,, sering2 kasi SG mkanan berprotein, misalnya jangkrik, ulat hingkong, sayuran dan buah dgn kalsium tinggi (Ca dan P (posfor))
.
klo bulunya rontok, kusam, sampe botak,,itu krna stress, trlalu bising di sekitar kandang, atau sg nya ksepian, jadinya gak bisa groming tmannya akhirnya groming bulu sendiri,,ataw kandangnya yg tdk bersih,,|
.
klo knsingnya kuning, gak papa itu normal, tpi klo trlalu kuning biasanya dari faktor sistm pncernaan, biasakan kasi makan sg mkanan bernutrisi, jgn cuman kasi bubur sum doang,,

Anonymous February 4, 2014 at 3:40 AM  

sugar glider saya (joey) mcm susah nak membuang air.. makan pun macam engak mau... setiap hari saya suapan sugar glider saya.. apa pantut saya buat ?

Ari Nardi April 23, 2014 at 4:07 AM  

Om SG saya kok gak pernah mau minum yaakk ?? Setiap dikasih minum palanya geleng" mulu, tapi makannya lahap bnget

Dinda Rizka April 27, 2014 at 8:05 AM  

Om saya mau nanya kok sg saya kalo malem ga mau main maunya tidur terus sg saya juga kaya yang lemes itu kenapa ya ?

Dinda Rizka April 27, 2014 at 8:05 AM  

Om saya mau nanya kok sg saya kalo malem ga mau main maunya tidur terus sg saya juga kaya yang lemes itu kenapa ya ?

Anonymous August 20, 2014 at 10:47 PM  

gan ko sg saya pipis terus ya ,, setiap di pegang slalu kluar kencing gan mohon bantuan a

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP