Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Sunday, August 7, 2011

Tanda-tanda bahwa Sugar Glider anda sakit

Setelah membahas tentang penyakit yang dapat menimpa Sugar Glider. Lantas seperti apakah tanda-tandanya kalo SG itu sakit???

Jika SG sakit, biasanya mereka menyembunyikan penyakitnya kepada kita dan hingga akhirnya SG itu berujung pada kematiannya. Di alam liar, SG yang sakit akan dikucilkan oleh koloninya sehingga atau dengan harapan predator tidak akan mendekati koloni itu yang bisa membahayakan kehidupan koloni. Seekor SG mampu menyembunyikan penyakitnya sampai akhirnya penyakitnya itu parah dan tidak mampu lagi dia sembunyikan. Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang menjaga dan merawatnya harus mengetahui keanehan dari setiap sekecil apapun keanehan yang menimpa pada SG kita. 

JIKA ANDA MENEMUKAN KEANEHAN DARI TINGKAH LAKUNYA SEHARI-HARI.
BAHKAN YANG TIDAK DISEBUTKAN DI POSTINGAN INI, BLOG INI, BAHKAN INFO DIMANAPUN BISA ANDA PEROLEH.
SEGERA KUNJUNGI DOKTER HEWAN.
KARENA INI MENYANGKUT MASALAH HIDUP DAN MATI SUGAR GLIDER ANDA.  

Berikut ini beberapa Gejala yang harus dicurigai pada SG anda :
* Gemetar atau menggigil yang berkepanjangan / terus menerus
* Kaki yang pincang, terlihat seperti menyeret-nyeret kaki ketika berjalan atau berjalan yang tidak benar
* Luka
* Bersin-bersin yang tidak normal
* menggaruk-garukan kepalanya tetapi tidak normal gerakannya seperti ketika dia membersihkan diri (grooming)
* Bengkak, tonjolan ataupun benjolan di bagian tubuh manapun
* kurang gerak atau bergerak sangat lambat daripada biasanya (dalam jangka waktu lama)
* Bangun pada siang hari. SG yang sakit biasanya akan mojok di suatu tempat tanpa melakukan apapun.
* Membuat gerakan yang mendadak dan seperti kejang-kejang, kehilangan kontrol ketika melakukan suatu gerakan atau sering terjatuh kehilangan kontrol ketika mencoba memanjat atau bergelantungan.
* SG terlihat seperti stress atau ketakutan dengan melakukan gerakan membabi buta tiada henti.
* Tiba-tiba panik. SG langsung memanjat ketika didekati tapi terlihat tidak bisa mengendalikan dirinya ketika memanjat itu. Hal ini sebaiknya dihindari dengan tidak membuat gerakan tiba-tiba yang menakuti SG tersebut agar SG tersebut tidak jatuh dan terluka.
* Telinga yang selalu merunduk dan mata yang tidak cerah 
* Bentuk urine atau tinja yang tiba2 berubah seperti urine yang sangat kuning yang berlangsung lama dan terus menerus
* Perubahan yang terus menerus dari warna hidung seperti sangat pucat, merah tua atau biru / ungu. Setiap perubahan yang berlangsung dalam lebih dari beberapa jam adalah tidak normal.
* Terluka seperti teriris, karena cedera, terjatuh, bengkak, benjol dll
* Terjatuh kedalam air. yang terparah adalah kedalam toilet. Meskipun SG tidak tenggelam, SG bisa terkena bakteri atau pneumonia (kedinginan)
* Terduga menelan benda asing yang berbahaya (diluar dari dietnya/makanannya)

Sangatlah penting untuk melihat atau mengetahui tanda-tanda yang hampir terlihat sangat tipis perbedaannya dengan penampilan sehari-hari. Seperti apakah itu ???

* Penampilan bulu yang tidak wajar, seperti kucel/kusam, menipis atau memperlihatkan tanda-tanda kebotakan/rontok.
* Pola tidur yang tidak sesuai / janggal. Seperti terbiasa aktif di siang hari.
* Menolak makan atau minum yang telah disediakan. Atau hanya meminum saja dan sebaliknya
* Perubahan yang tiba-tiba dalam berat tubuhnya seperti semakin kurus atau bahkan semakin gemuk secara tiba-tiba.
* Tidur yang berlebihan, selalu didalam pouch, SG terlihat tertekan seperti kehilangan gairah
* perubahan warna pada hidung, kaki dan telinga: tidak lagi menjadi merah muda yang cerah (yang merupakan tanda glider sehat) 
* Kepala yang miring
* Muntah
* Basah di leher, tenggorokan dan perut.

Harap di ingat. !!!
Ketika perilaku atau penampilan SG anda sudah berubah. Kebanyakan penyakit dapat diobati, tetapi ada juga yang tidak dapat diobati, sesuatu yang sederhana bisa menjadi ancaman ke arah kematian.

Tanda - tanda lain yang perlu di awasi adalah :

* Perubahan dalam pernafasan mereka.  Terlihat seperti terengah-engah atau bahkan terlalu lambat.
* Suhu tubuh yang dingin, bahkan ketika berada dalam suatu lingkungan yang hangat.
* Suara mendengus saat bernapas. Beberapa SG akan membuat suara ini ketika tidur. Tetapi apabila suara ini terdengar ketika SG bangun/aktif bisa merupakan indikasi bahwa SG kedinginan.
* dehidrasi (kulit di antara punggungnya tidak kembali kebentuk semula ketika diangkat/dicubit keatas) 
* Sangat haus 
* Rahang yang bengkak
* Menggigit dengan gigi belakang (dalam mengunyah makanan mereka yang seharusnya)
* Ketika mencoba untuk makan, dapatkah SG anda memegangnya dengan benar atau makanan itu langsung jatuh???
* Hissing ketika mencoba untuk pee atau pup
* Sedikit hissing dikombinasikan dengan sedikit crabbing
* Terlihat susah atau sakit ketika buang air kecil/besar
* Selalu buang air kecil dalam jumlah kecil tidak termasuk ketika dia sedang kencing yang sebenarnya atau bahkan ketika kencing sebagai suatu cara untuk menandai teritorinya
* Urine yang berwarna janggal/aneh atau sangat berbau
* Perubahan dengan teman yang se kandangnya (bahkan apabila temannya itu sudah bersama dalam satu kandang) seperti tiba-tiba menyerang dll
* Perubahan tempramen yang mendadak terhadap SG lainnya di kandang dan juga  terhadap anda.

Berikut ini beberapa gambar tentang gejala SG yang sakit;

 mata dan telinga yang terkulai 

 warna kekuningan pada kulit
 Gelembung di kloaka nya
 Pipi atau mata yang bengkak
 Mata yang kusut atau tertutup
 Setiap bentuk luka
 Luka akibat perkawinan
 Persendian yang tidak wajar (karena kekurangan kalsium sehingga menyebabkan HLP) Bila diperhatikan matanya, itu karena katarak
 Ekor yang tidak rata seperti terputus-putus dengan atau tanpa memar atau bahkan benjolan
 Jari-jari yang bengkak (akibat kekurangan kalsium/ dalam gambar ini karena HLP)
 Kebotakan karena over grooming
 Kebotakan karena diet/makanan yang tidak bagus
Kantung/pouch yang berwarna merah, bengkak atau terbalik yang seharusnya didalam pouch jadi diluar pouch
 Mari mulailah jaga Sugar Glider anda hingga terhindar dari segala penyakit.
Maaf apabila ada salah dalam penterjemahan informasi ini. 

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

99 komentar:

Angga Rarastya (seperti biasa) August 8, 2011 at 8:57 PM  

si ichis kukunya tambah lama tambah panjang om...itu tanda2 apa yah? wwakakakakakakk....

waduuh,,,ngeri nih pnyakit2nya...ck ck ck....ati2 aja dah, jgn sampe kena...hehehe....

Anonymous September 14, 2011 at 2:16 PM  

klo sg nya sakit d bawa ke dokter mana klo d jakarta.. bulunya rada kekuningan soanya...tq

sonny catro blog September 15, 2011 at 12:14 PM  

selama ini belum pernah SG ke dokter
selama ini hanya dirawat sendiri saja berdasarkan pengalaman yang dimiliki.
tapi saya merekomendasikan bertanya kepada july lie untuk dokter yang mengetahui tentang SG
bulu kekuningan bisa disebabkan berbagai hal, mungkin saja terkena pupnya yang menempel di pouchnya
coba perhatikan duburnya, apabila pupnya tidak sempurna dan selalu encer terkumpul di duburnya itu, mungkin itu pertanda mencret dan bisa diberikan diatabs
apabila bulunya rontok di sekitar ekor, kaki/tangan, belakang lehernya (tengkuk)dan bahkan bagian bawah badannya
itu disebabkan oleh stress sehingga dia menyebabkan over grooming hingga akhirnya hair loss.
penyebabnya karena sendirian, kehilangan pasangan atau tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.
penyembuhannnya tidak ada kata lain selalain memberikan teman bagi SG tersebut

Anonymous November 22, 2011 at 5:15 PM  

SUGAR gLider saya susah membuang air kecik dan besar seperti tersumbat dan dia punya bulu selalu basah dan berbau.. ???

sonny catro blog December 25, 2011 at 7:13 AM  

kalau seperti susah buang air
bisa diberikan obat sakit perut seperti diare dengan dosis kecil saja.
saya tidak tahu obat seperti apadi negara anda, tapi cuba dengan memberikan dosis kecil saja dengan obat diare/sakit perut yang ada dinegara anda.
caranya bisa dengan mencampurkannya di makanan sugie anda.
semoga membantu

Anonymous March 14, 2012 at 6:52 PM  

sg saya kok hidungnya ke biru biruan dan bersin2 terus.kenapaya om?

sonny catro blog March 20, 2012 at 11:17 AM  

mungkin dia kedinginan atau ada sesuatu yang mengganggu di hidungnya.
coba perhatikan dulu

zee May 2, 2012 at 12:24 PM  

gan SG ane kakinya benggkaak,, fmn cara ngobatinnya??? mhon infonya

zee May 2, 2012 at 12:27 PM  

o iy gan 1lagi SG ane jg g mw minum jd cm makan apel aj,, knp ya??

Anonymous May 5, 2012 at 5:47 AM  

kalo SG matanya bengkak gimana cara sembuhinnya ya? saya udah coba mengelap matanya pake air putih yang bersih tapi takut ga ngaruh

Anonymous May 6, 2012 at 5:05 AM  

SG saya luka. trus luka tersebut sebaiknya di kopek atau di diemkan saja.? thanks

sonny catro blog May 6, 2012 at 4:15 PM  

oleskan garamicin tipis2 ke luka tsb.
gpp kalo dijilat2.
olehkarena itu sebaiknya tipis2 aja
garamicin bisa dodapat di toko furnitur terdekat yg sebalahnya ada apotik

Anonymous May 8, 2012 at 12:48 AM  

kalo boleh tau, garamicin itu seperti apa.?

Anonymous June 6, 2012 at 3:31 AM  

om sg saya kaya keselek gitu kayak sekarat gitu tolong bantuanya

Anonymous June 13, 2012 at 12:19 PM  

SG punya Q pipinya bengkak, cara ngobatinnya gimana ya? :(

Anonymous July 12, 2012 at 10:05 AM  

Om sg saya malah lebih aktif di siang hari dr pda mlm. Dia siang lincah bgt.. Malem tdur.. Aneh. Kan hewan nocturnal

sonny catro blog July 20, 2012 at 3:40 PM  

garamicin bentuknya seperti salep

keselek karena apa???

kalo bengkak kasih aja GOM

mereka begitu karena belum jinak kepada anda, harusnya diajak main meski siang hari.

@all
untuk fast response lebih baik call aja ke
087885590400
thx

Anonymous August 20, 2012 at 7:01 AM  

Om sg saya tidur terus itu kenapa ya? Ga nau di ajak main?

Anonymous September 12, 2012 at 9:35 AM  

Iya om,. Sg saya juga tidur ƬЯµµƧŠŠ...,,,badanya rada lemes

Anonymous October 27, 2012 at 4:54 AM  

om, muka bagian kiri sg ku kok bengkak itu kenapa ???
sama hidung.x warna.x pucet itu kenpa trus cara penanganan.x gmn ???

Anonymous February 3, 2013 at 1:29 AM  

Om SG sy kok bulu bagian bawahnya dijilatin trus sampe ga kering2,,trus kalo jalan kaki belakangnya lurus ga di tekuk seperti biasax jadi nungging gtu,,tolong infox
...

Anonymous March 13, 2013 at 5:20 PM  

Boleh nyatakan tanda-tanda sg sakit gigi?

Unknown March 14, 2013 at 5:22 AM  

malam bro.. saya baru dapat sg.. tp kenapa selalu berglantung terbalik di kandangnya..trus g perna mau minum.. makasih sebelom nya..

Unknown May 11, 2013 at 8:56 PM  

sg saya kakinya bengkak gitu om berwarna merah, itu gimana ya mengobatinya?

Unknown May 18, 2013 at 4:41 PM  

Sg saya di kupingnya ada yang item item itu kenapa ya? ngobatinnya gimana? terus di bekaps pitak ada lukanya tapi udah kering sih gimana carangobatinnya?

Unknown June 5, 2013 at 6:18 AM  
This comment has been removed by the author.
Unknown June 5, 2013 at 6:19 AM  

gan hmpir smw cri2 nya ada d sg saya.
gemetar yg berkepanjangan
bersin2
bengkak di jari
kurang bergerak
tdk mau minum
harus di apakan?

Unknown June 11, 2013 at 2:26 AM  

bang mau tanya sg saya kalo jalan tuh kaki belakanya lemes trus kayak di seret gt..pas manjat juga kekyg lemes kaki belakanya..sg saya 4bln+ knp ya kemaren gpp soalnya..ad obatnya kah ?

Unknown June 11, 2013 at 2:27 AM  

sg saya kalo jalan tuh kek yang di seret-seret kaki blkngnya..padahal kemaren gpp skrg kok jd lemes gt yah kakinya..apa ad obatnya kah ?? manjatnya juga jd cm pke tangan dpnya aja..

Anonymous June 15, 2013 at 4:27 AM  

sg saya suka bersin2x tapi tdk terlalu sering..,,masalah itu dianggap serius atau tidak??

Unknown June 29, 2013 at 12:27 AM  

SG saya sering bersin-bersin itu obatnya apa ya....?

Unknown September 14, 2013 at 4:51 AM  

Sg aku d kpala ujung d atas idung botak bulet gtu trus dia suka garuk2 kya kucing trus jilat2in kuku nya trus slalu ngringkuk mojok gtu.itu knapa ya
Mohon bantuAnnya

Unknown September 16, 2013 at 11:44 PM  

Kalo tidur mulu terus gemeter gitu sama ga mau keluar dari pouchnya itu kenapa yaa pas beli kemaren aktif tapi abis itu tidur mulu

Unknown October 7, 2013 at 5:07 AM  

Sg sy bru berusia 2bulan..makan apple sj..tapi skrg dia berak cair..kenpa ya..adakah ini normal

Unknown October 7, 2013 at 5:08 AM  

Sg sy bru berusia 2bulan..makan apple sj..tapi skrg dia berak cair..kenpa ya..adakah ini normal

Unknown October 7, 2013 at 5:09 AM  
This comment has been removed by the author.
Unknown October 9, 2013 at 8:54 PM  

Om. mau tanya klo pipi dan mata bengkak harus bagai mana obati nya?
Tq

Unknown November 9, 2013 at 12:33 PM  

Om,, om,, mao tanya,, SG'ku lehernya bengkak,, terus sering haus,, tp kaLo udah minum langsung muntah,, ga cuma minum,pas q kasih makan bubur jg muntah,, itu knp ya om? Trz obat yg cocok apa?? Terimakasih,,

Unknown November 22, 2013 at 7:15 AM  

gan kalau ekornya kaya putus ngbatinya gmna yah gan

Anonymous December 11, 2013 at 1:07 AM  

klo hudungnya pucat, males brgerak, males minum n mkan tandanya dehidrasi,,,sering2 kasi sg buah2an n sayuran yg tinggi kdar airnya ,,contoh : apel, pepaya, mentimun, pear
.
klo kaki blakngnya males gerak, brarti sgnya kurang kalsium,,nnti sg nya bisa lumpuh tu, akhirnya mati,, sering2 kasi SG mkanan berprotein, misalnya jangkrik, ulat hingkong, sayuran dan buah dgn kalsium tinggi (Ca dan P (posfor))
.
klo bulunya rontok, kusam, sampe botak,,itu krna stress, trlalu bising di sekitar kandang, atau sg nya ksepian, jadinya gak bisa groming tmannya akhirnya groming bulu sendiri,,ataw kandangnya yg tdk bersih,,|
.
klo knsingnya kuning, gak papa itu normal, tpi klo trlalu kuning biasanya dari faktor sistm pncernaan, biasakan kasi makan sg mkanan bernutrisi, jgn cuman kasi bubur sum doang,,

Anonymous February 4, 2014 at 3:40 AM  

sugar glider saya (joey) mcm susah nak membuang air.. makan pun macam engak mau... setiap hari saya suapan sugar glider saya.. apa pantut saya buat ?

Unknown April 23, 2014 at 4:07 AM  

Om SG saya kok gak pernah mau minum yaakk ?? Setiap dikasih minum palanya geleng" mulu, tapi makannya lahap bnget

Unknown April 27, 2014 at 8:05 AM  

Om saya mau nanya kok sg saya kalo malem ga mau main maunya tidur terus sg saya juga kaya yang lemes itu kenapa ya ?

Unknown April 27, 2014 at 8:05 AM  

Om saya mau nanya kok sg saya kalo malem ga mau main maunya tidur terus sg saya juga kaya yang lemes itu kenapa ya ?

Anonymous August 20, 2014 at 10:47 PM  

gan ko sg saya pipis terus ya ,, setiap di pegang slalu kluar kencing gan mohon bantuan a

Unknown September 26, 2014 at 2:40 AM  

sg saya terjatuh n luka d bhgian perut, keesokan hrinya pergerakan nya menjadi lembap, badannya mjadi basah, apakah harus saya lakukan??

Anonymous February 28, 2015 at 8:08 PM  

Sg sya ad pembengkakan di kloaka nya, itu hrus diapain ya? Tlg info nya

Unknown March 17, 2015 at 12:47 AM  

Pipi sugar glider saya bengkak. Penyebabnya kenapa ya? Bagaimana cara menyembuhkannya? Terima kasih

Unknown March 17, 2015 at 12:47 AM  

Pipi sugar glider saya bengkak. Penyebabnya kenapa ya? Bagaimana cara menyembuhkannya? Terima kasih

Anonymous March 21, 2015 at 9:00 PM  

sg saya abis di jemur pagi2, sy lupa masukin, panas banget, trus di heboh di dalem kandang, pas sy kasih makan malah ga mau, sy pancing, bisa, tp muntah, lemes banget sekaranf, ada yg tau cara nyembuhin nya? dan itu kenapa? thx:)

m.PaTra NoFanDa May 2, 2015 at 8:44 AM  

dok , saya mau tanya tentang sg saya . Beberapa hari ini sg saya suka gelisah , sering menjilat dan menggaruk garuk badannya , itu kenapa ya dok ? apa yang harus saya lakukan ?

Unknown November 22, 2015 at 10:51 AM  

Dok sg saya nafasnya berat dan ga mau makan kenapa ya dok ?

Anonymous November 29, 2015 at 11:42 PM  

Mas mau tanya dong, SG kan hewan nocturnal,otomatis dia harusnya lebih aktif di malem hari kan? tapi gimana ya mas klo SG saya jadi aktif di siang hari,gamau tidur. Apa karena dia sering di bawa adik saya kesekolahnya ya mas?
Gimana cara ngembaliin pola tidurnya lagi? saya takut dia sakit. Makasih

Unknown December 15, 2015 at 11:45 PM  

Thanks gan infonya. Infonya bermanfaat, tapi sayangnya sugar glider saya baru aja mati :(

Unknown December 15, 2015 at 11:46 PM  

Thanks gan infonya. Infonya bermanfaat, tapi sayangnya sugar glider saya baru aja mati :(

Unknown January 6, 2016 at 10:52 AM  

Sg saye lumpuh. Dah 3 hari.mkin teruk.hari ni ia hnya bisa bernafas tnpa gerak pon.aq beri minum aje.mkn pon dah xboleh.aq sedih.5tahun aq bersamanya....

Unknown January 6, 2016 at 10:53 AM  

Sg saye lumpuh. Dah 3 hari.mkin teruk.hari ni ia hnya bisa bernafas tnpa gerak pon.aq beri minum aje.mkn pon dah xboleh.aq sedih.5tahun aq bersamanya...

Anonymous February 1, 2016 at 4:25 AM  

Sg saya 3 pas pagi masih ok pas malem 2 betina saya mati matany kebuka yg jantan msh idup knp y 2sg saya tq

Unknown March 3, 2016 at 8:07 PM  

siang, mau tanya kalo sg ga mau makan trus badannya makin kurus itu krnapa ya?
trus klo jalan rada oleng..
mohon pencerahanya

Unknown March 7, 2016 at 8:43 AM  

kalau sg kantungnya bengkak cma belum parah amat tu penyembuhannya gmn gan?

Unknown April 10, 2016 at 10:42 PM  

Abang"an saya mau nanya nih...
cara obatin sg yg sedang tress gmna iya,, abang"an

Anonymous June 3, 2016 at 9:32 AM  

Gan.. kalo kantong sg nya bengkak itu gimana gan .. kyak di gambar itu.. cara ngobatinya apa gan.. penyebabnya apa gan .. makasih.. mhon di jwab..

Unknown June 23, 2016 at 9:05 PM  

Sg saya tiba2 aktif di jam 10an pagi, biasa aktif jam 5-6pagi baru skitar 2 bulan umur nya , makan juga tidak selahap dulu, apakah normal? Bbrp hari sebelum nya kencing nya kuning skrg sudah putih kembali

Unknown November 6, 2016 at 3:18 PM  

Hallo mau nanya neh sG aq uda beberapa hari ini ky ngegosok lidah ato mulut nya sambil berdiri aq gatau knp tiap 5mnit, kira2 aq harus gmn ya?

Fallen Cinderella November 21, 2016 at 3:31 AM  

Hai. Sy dari Malaysia. Sy mau tanya. Sg sy di lehernya basah. Dan pola tidurnya berbeda dari yang normalnya. Sering bangun disiang hari. Dan kelihatannya, Sg sy ngak aktif kayak sebelumnya. Gi mana pendapat atau solusinya ya?

Unknown December 23, 2016 at 7:41 AM  

kenapa sg buang air besar warna hitam ?

Unknown April 5, 2017 at 9:42 AM  

Sg saya ada benjolan di bagian perut itu knpa yah

Unknown April 5, 2017 at 9:44 AM  

Sg saya ada benjolan di bagian perut itu knpa yah

Alvin (115210207) April 21, 2017 at 8:11 PM  

sg saya kalau kena cahaya bulunya agak kuning kenapa y kalo ga kena cahaya biasa aj ?

Unknown March 15, 2018 at 6:06 AM  

Hallo gan..
Mau tanya sg sy joey usia 2 bln. Akhir2 ini sy perhatikan dia sering tidur dengan mata terbuka dan twitching/geter2 saat tidur seperti anjing. Apa itu normal atau salah satu tanda kl ada yg salah sm dia ya gan? Mohon bantu penjelasannya gan.

Anonymous May 17, 2018 at 11:02 PM  

Saat memotong kuku SG saya.. di kaki belakang pada jari paling terakhirnya, saya tidak sengaja memotongnya juga, dan sedikit agak ke dalam, sehingga timbul sedikit darah.. apa yang harus saya lakukan?

Unknown July 23, 2018 at 2:10 PM  

Om sg saya muntah dan mengigil udh 2 jari kira" obatnya apa ya

Unknown October 28, 2018 at 11:09 AM  

Sg saya muntah dan hairlose gimana ya cara ngobatinnya ..

Unknown December 2, 2018 at 7:19 AM  

Om maaf mau tanya ini sg saya ekornya di gigit sg laen smpai luka n apa ini putus om..

Unknown December 29, 2018 at 12:25 PM  

MAu tanya gan saya perhatikan 2hr ini sg saya sering menggaruk garuk kaki badan sama ekor dan 1 lg sg saya makanx lahap tp gk pernah minum padahal udah aq kasih tempat minum. Mohon bantuanx gan. Mkasih 🙏🙏

Kartini January 5, 2019 at 12:20 PM  

Mau tanya kalo SG saya tiba² lemas dan tidak mau makan minum, di ajak main pun gak mau lemas sekali, males gerak itu kenapa ya, trus solusinya gimana ya

Kartini January 5, 2019 at 4:34 PM  

Kak SG saya lesu dan lidahnya agak keluar itu kenapa ya

Unknown June 14, 2019 at 12:41 AM  

Sg saya kloaka nya membengkak. Tidak tahu kenapa.

Unknown June 22, 2019 at 5:29 AM  

Bang mau tanya nih sugar glider ku akhir akhir ini perutnya semuanya membunncit dan poop nya cair banget bau poop nya nggk kayak biasanya mohon dibantu cara mengobatinnya dan cara pencegahannya gimana

Syahreza July 22, 2019 at 5:27 AM  

Bang kenapa SG gua bunyi kayak hehuff itu panjang 2× sambil lari dan suara mirip seperti kayak marah tapi bukan marah bang lebih Deket ke arah siulan tapi gak jadi,itu kronologi nya terjadi setelah tadi tidur siang trus bangun kan langsung makan pas itu dia lagi di atas kasur pas dia turun ke bawah kasur trus bunyi gitu habis itu lari ngejar gua bang kayak ketakutan ,dan sekarang masuk sarang gak mau keluar cuma intip* sama makan dikit habis itu masuk lagi,kenap k ya? Apakah itu sakit atau kenapa? ,Padahal setiap hari lincah sama suka jail kegua ,jadi kuatir gua bang kenapa ya? Tolong yang tau beri tau ya,biasanya manja manja an stelah kejadian tadi dia gak mau keluar gua gak berani untuk ngeluarin takut stres

Syahreza July 22, 2019 at 5:27 AM  

Tolong bagi semua yang tau kasih tau ya

StrongWomen September 1, 2019 at 9:47 AM  

Gan sg saya tenggelam sekarang perut nya buncit kemasukan air . Bokong nya membesar . Susah makan sama susah kering badan nya . Sekarang makan juga sedikit" juga keliatan gak ada tenaga . Apa masih bisa sembuh . Cara pengobatan nya gimana?

Unknown October 16, 2019 at 5:06 AM  

sg ku kok ga mau makan ya? tidur terus, terlihat lemas, dan selalu mojok itu kenapa ya?

T1mL0 November 23, 2019 at 3:38 PM  

SG saya kok lidahnya terjulur keluar terus ya..dan spt nya ada luka kecil / benjolan kecil di ujung lidahnya (spt sariawan).. obat nya apa ya..
Utk tingkah lakunya masih lincah, cuma spt nya terganggu dg lidah nya saja

Sementara ini saya kasih madu..


Jika ada yg punya pengalaman dg SG nya, bisa share di mari yaaa...

T1mL0 November 23, 2019 at 11:48 PM  

Update info..

Ternyata penyebab lidah SG ku yg terjulur keluar terus adalah, lidahnya tertembus gigi bawah yg tumbuhnya terlalu panjang ..jadi sepertinya lidahnya tersangkut dan luka tembus di lidah...
Sudah saya lepaskan lidahnya dari gigi tsb tapi tertembus dan nyangkut lg...

Ada yg pernah alami kasus spt ini kah ?

Ethax December 4, 2019 at 6:21 AM  

Sg ku kan baru sebulan baru 2 hr bersamaku tapi kok sg nya tidur melulu...harus dipaksa untuk makan..apakah itu tanda2 sakit...

Ikhsan January 13, 2020 at 5:49 PM  

Gan mau tanya sg sya knpa ya akhir2 ini sering kek bengong gt gan diem aja tapi mkan normal dan pernah tertidur di luar box nya hbis mkan
Mohon pencerahannya gan

Anonim January 22, 2020 at 1:17 PM  

SG saya juga suka bengong 3hr ini. Makan normal aja. Tapi masih belum sih tertidur di luar sleeping pouch nya

Yuda January 25, 2020 at 7:21 AM  

Gan mau tanya klo SG ngeluarin lidah kaya guk guk menjulurkan lidah itu kenapa ya?

Unknown February 9, 2020 at 6:23 PM  

SG saya kelaminya kluar terus kenapa ya?

CLARISSA KARENDA April 14, 2020 at 7:05 PM  

Punya saya dulu sudah lama satu kandang jantan betina tiba tiba waktu ngasih makan punggung betinanya udah lobang ga ada bulunya;) terus saya pisahin.. akhirnya karna yg jantan birahi aku kasih betina lagi ternyata di lubangi lagi pundaaknya itu, itu yang jantan kenapa?????

Unknown April 23, 2020 at 3:28 AM  

Sama kaya yg saya

Unknown December 1, 2020 at 4:05 AM  

Sg aku sebelah mata nya putih itu knp ya dan cara mengobati nya gimana padhal semlm ga knp" pas di tinggal keluar balik lagi liat mata nya udah kaya gitu oabtin nya gimana ya ?

Stefany octora February 23, 2021 at 4:36 PM  

Mau tanya. Kalo mencret dan diksh diatab. Dosisnya brp ya?

Unknown April 24, 2021 at 1:48 AM  

Ka SG aku jilat² ekornya sama kyag kelaminnya keluar sedikit dan sangat agresif itu kenapa ya ?? Aku takut ka krna jilat² ekornya sama gigit² kelaminnya sampe kyag gtu..mohon perncerahannya ka 🙏🙏

Unknown May 22, 2021 at 11:55 AM  

Mau tanya kak SG aku kurang aktif kenapa ya

Iswanti sekar dewi August 30, 2021 at 7:40 AM  
This comment has been removed by the author.
Julfey October 26, 2021 at 4:20 PM  

om mau tanya,gimana mau atur diet SG mas kerna sebelum ini terlalu banyak kesalahan cara bagi SGku makan dan sekarang bulu SG saya bulunya mula rosak di bahgian kemaluan dan di tempat perutnya om.SG saya Male umur 8 bulan lebih..

Anonymous June 9, 2022 at 5:59 AM  

kak plis sugar glider aku juga kaya kaka

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP