Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Saturday, September 3, 2011

Hati-hati dalam membeli Sugar Glider

akhir-akhir ini bayak yang tertipu oleh para penjual nakal yg mengatakan bahwa sg yang dijualnya adalah hasil ternakan.
Setelah diamati oleh teman-teman yg teah pernah adopt sebelumnya, ternyata sg tersebut adalah hasil dari tangkapan liar.
bahkan Sugar Glider yang masih babypun atau Joey hasil tangkapan liar diakui sebagai Joey hasil breed/ternakan.
Hal ini terjadi karena banyak yang menganggap bahwa Joey itu semua adalah hasil dari ternakan atau breed. Sehingga calon pembeli merasa percaya saja bahwa semua Joey adalah hasil dari ternakan bukan dari hasil tangkapan liar.
Menanggapi hal ini, saya ingin memberikan beberapa tips sebelum memutuskan untuk adopt Sugar Glider dari seorang seller :

Joey yang selalu crabbing ketika dipegang

Joey yang telah cukup umur untuk dipisah dari induknya tidak akan crabbing (lebih tepatnya mungkin nangis) dan akan bisa mencari makan dan minum sendiri bahkan telah bisa pup dan pee sendiri setelah diajari oleh induknya. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pertahanan pertama SG terhadap musuh adalah dengan mengeluarkan suara yang sangat keras yaitu crabbing untuk mengelabui musuhnya agar seolah dia lebih besar dr badannya barulah kemudian dia menggigit. Apabila Joey tsb selalu crabbing, dan sangat susah diusahakan untuk didiamkan atau ditenangkan, bolehlah kita merasa curiga terhadap joey tsb bila dikatakan hasil breed. Atau mungkin Joey ini masih terlalu muda sebelum saatnya dipisah dr induknya. 
Tapi tentu saja asumsi saya ini bisa berbeda. 

Apabila ada seller yang mengatakan bahwa ia mempunyai banyak Joey

Hal ini sangat menggelikan sekali bagi saya. Apakah seller tersebut mempunyai beratus bahkan ribuan indukan ???
Come on Please .... You must be jocking me right ???
Seorang breeder yang saya kenal dan semua juga kenal. Tidak akan mempunyai Joey secara langsung banyak dalam satu periode. Meskipun dirumahnya mempunyai seratusan indukan. Bahkan beliau selalu menolak permintaan akan joey karena memang tidak semua SG indukannya langsung hamil begitu saja secara berjamaah !!!
Bahkan apabila ada yang ingin membeli dari beliau, diharuskan untuk indent dahulu, karena memang tidak semua indukannya melahirkan secara bersamaan. Dan saya, juga yang lain mengetahui, bahwa yang mempunyai indukan sebanyak itu hanyalah beliau.
Jadi berhati-hatilah dengan hal ini.


Sugar Glider yang ketika dikeluarkan dari Pouchnya hanya diam saja.


Biasanya ketika bertransaksi, SG diletakkan didalam pouch. Waspadalah apabila ketika anda mengeluarkan SG tersebut selalu diam tak bergerak atau kehilangan niat untuk bergerak. Sugar Glider yg sehat selalu aktif bergerak. Sugar Glider selalu waspada terhadap sekitarnya. Apabila dikeluarkan dari pouch memang dia akan diam beberapa saat untuk menganalisa keaadaan disekitarnya terlebih dahulu. Akan tetapi beberapa saat berikutnya setelah selesai mengamati keadaan sekitarnya, SG akan mulai waspada bahkan mungkin dg menjelajah sekitarnya.
Sugar Glider yang hanya diam ketika dikeluarkan dari pouchnya patutlah dicurigai apakah SG terebut mempunyai masalah kesehatannya.


sementara ini dulu, nanti dilanjutkan lagi setelah tidur pagi setelah semalaman bermain dg sg saya.
thx

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll


gabung yukkkk

2 komentar:

moscheparis November 19, 2012 at 11:08 AM  

Sy kn tdnya pnya sg jantan,, trs sy beli lagi sg yg betina+joey nya.pas joey nya berumur 1,5 bln sy pisah dri induk betinanya..betina nya sy gabungkan dngn si jantan,,tp stlh 1 bln terakhir ini,, sg yg betina itu pasif,lebih suka diem didlm pouch.yg sy ingin tanyakan,, knp ya yg betina itu?apa dia skt? Setres? Apa baiknya disatuin lgi sm joey nya.ksh info ya mas.mksh..maaf kepanjangan

Unknown March 3, 2018 at 1:14 AM  

Jocking :( rip english

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP