Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Tuesday, May 31, 2011

Apakah perlu memandikan sugar glider ???

Bagaimana Anda memandikan sugar glider???

Hmmm .... pertama-tama, kebanyakan hewan tidak memerlukan mandi dengan shampoo dan kondisioner. Hanya manusia menggunakan shampo dan kondisioner dan sabun dan kita akan berpikir bahwa semua hewan yang kita pelihara harus mandi juga ...

Itu adalah jawaban TIDAK UNTUK SUGAR GLIDER !!! Mengapa? Pertama sugar glider memiliki bulu yang tebal. Hal ini sudah dikondisikan dengan baik oleh sugar glider dengan minyak alami. Bulu adalah tebal dan padat, sehingga sangat sulit untuk kering jika akan dicuci dengan sabun dan air.
Lebih mudah untuk kering jika bulu hanya basah dengan air tetapi jika sabun atau sampo masuk, bahan kimia dan cairan pembersih di dalamnya akan menghilangkan minyak alami, menyebabkan bulu dapat menyerap air. Hal ini sangat sulit untuk kering.
Tapi kemudian mengapa tidak mengeringkan dengan menggunakan hair dryer?
NO NO NO NO .... it's a big NO !!!
Jangan pernah pakai pengering rambut / hairdryer, panas benar-benar dapat membakar telinga sugar glider. Sugar glider memiliki kulit sangat halus dan kulit telinga sangat tipis, sehingga panas dapat membakar mereka dan menyebabkan rasa sakit dan banyak kerugian untuk sugar glider.

Sugar glider juga dapat dengan mudah tenggelam jika Anda menempatkan mereka dalam baskom air. Jadi tidak ada jalan lain... .. tidak ada mandi dengan air.

Jadi bagaimana untuk memandikan sugar glider? Sugar glider sebenarnya adalah hewan yang bersih. Ia membersihkan diri sendiri seperti halnya kucing. Mereka membersihkan diri memakai kuku, menjilat diri mereka dan menyisir diri dengan kuku. Untuk newbi, akan dijumpai sepertinya glider menggaruk diri sendiri tetapi itu sebenarnya hanya grooming (membersihkan diri) sendiri.

Jika sugar glider Anda sedikit jorok atau kotor, hanya gunakan kain bekas yang bersih atau tisu bayi basah untuk mengelap sugar glider Anda. Gunakan hanya tisu basah bayi bebas wangi dan yang bebas alkohol. Ada beberapa adopter yang memandikan SG nya dengan semprotan yang biasa dipergunakan untuk memandikan burung. Menurut saya hal ini juga bisa dilakukan, dengan asumsi mereka nanti akan mengeringkan diri sendiri dengan grooming ke badan/bulunya. Bila ini dilakukan, lebih baik gunakan air yang benar-benar bersih dan jangan menambahkan sabun atau sampo ataupun cairan kimia dll di dalam air yang akan digunakan untuk menyemprot mereka.

Mandikan sugar glider dengan air jika terkena cairan yang berbahaya yang dapat mengancam jiwa mereka. Dan dilakukan dalam pengawasan ahli seperti dokter hewan.

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

6 komentar:

Anonymous August 30, 2012 at 12:09 AM  

om sostro , saya baru beli di pasar pramuka, dan kapan kita mulai bisa memeganggnya, karena sg saya sangat agresif waktu pertama kali saya beli.

ardilla voladora December 21, 2012 at 8:03 AM  

Kira" umur berapa bulan/tahun yh untuk bisa mandiin sugar glider?

Anonymous December 22, 2013 at 4:58 PM  

Sg saya sptnya jorok nih, badan dia mulai tercium bau :(

Gmn solusinya supaya sg saya bs ttp bersih dan bebas bau, selain memandikan dg menggunakan sabun, mengelapnya dg tisu basah bebas pewangi dll??

Mohon pencerahannya... mksh..

Anonymous April 20, 2014 at 3:05 AM  

Tetap jaga kebersihan kandang

Anonymous July 24, 2014 at 6:54 PM  

Diatas 5Bulan Gan

Arum Satya June 8, 2015 at 6:22 AM  

SG saya sering banget garuk-garuk badannya, trus badannya lumayan bau, gimana tuh solusinya? Perlu dimandiin? Kalau sering banget ngegaruk badannya sehat-sehat aja kan? Saya taku kenapa-kenapa...

Tolong penjelasannya ya...

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP