Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Tuesday, May 31, 2011

Mengenalkan Sugar Glider yang baru

Mengenalkan Sugar Glider yang baru

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika mengenalkan sugar glider yang baru :

* Pejantan dewasa biasanya sangat susah untuk cocok. Jantan sangat teritorial dan akan memperjuangkan daerah kekuasaannya. SG menggunakan aroma untuk menandai daerah kekuasaannya. Jantan dewasa yang tinggal bersama akan berusaha kuat untuk mengusir aroma jantan lainnya, yang menyebabkan aroma yang bau, tak peduli seberapa sering anda membersihkan kandang. Bukan jaminan 100% bahwa jantan dewasa yang telah diperkenalkan pada saat usia muda akan dapat terus hidup bersama setelah mencapai usia matang mereka secara sexuil.
* Mengenalkan Joey atau sedikit remaja biasanya lebih mudah daripada mengenalkan SG yang telah dewasa. SG yang telah dewasa/tua biasanya akan menerima Joey tersebut sebagai bagian dari koloni mereka bahkan jika mereka telah lama sendiri.
* Jangan pernah mengenalkan jantan dewasa dengan betina remaja. Jantan dewasa akan mencoba mengawini betina itu tidak peduli betina remaja itu siap atau tidak. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan bagi SG betina bahkan dapat menyebabkan kerugian bagi betina apabila SG betina itu tidak siap untuk hamil dengan menolak Joey yang dikandungnya kelak.
* SG yang berumur sama adalah penggabungan yang pas. Betina dengan betina adalah baik, sedangkan jantan dan betina lebih baik lagi.
* Jika berencana untuk menternakkan, hati2 dengan trio atau koloni situasi. Sering hal ini menyebabkan pencurian bayi, kanibalisasi, penolakan bayi dan luka/karena perkelahian. Kadang bisa berhasil kadang tidak,
* Hindari mengenalkan SG baru terutama jantan kepada pasangan ternakan atau koloni yang telah hidup lama bersama. Koloni adalah struktur yang sensitif. Mengenalkan SG baru kepada koloni yang telah cocok sebelumnya dapat berbahaya untuk SG lainnya dan bahkan joey.
* Hindari mengenalkan betina dengan joey di dalam pouch kepada jantan baru. jantan baru dapat merasakan joey tersebut bukan anaknya dan dapat mencelakakan joey tersebut.
* Jika mengenalkan jantan baru kepada betina yang telah pernah bersama jantan lain, letakan betina di kandang yang berdekatan dengan jantan itu sekitar seminggu. Pastikan kandang betina itu bersih, mainan dan pouch bersih. Hal ini agar aroma pejantan lain itu hilang dari betina.
* SG baru harus selalu di pisahkan/karantina sebelum mulai diperkenalkan kepada SG anda saat ini. SG gampang strees, bahkan jika SG tersebut sehat dari owner/breeder sebelumnya. Strees menurunkan sistem kekebalannya dan dapat menyebabkan mudah sakit.


Bagaimana mengenalkan sugar glider yang baru???

* Perkenalkan SG di daerah yang netral dimana kita bisa mengkontrol tindakan mereka. seperti kandang yang baru, ruangan tersendiri dll. Siap2 untuk memisahkan perkelahian yang akan terjadi dengan handuk atau kain di tangan. Jika perkelahian terjadi. gunakan handuk/kain itu untuk memisahkan mereka dengan perlahan mengangkat mereka dari perkelahian. Jika perkelahian ini terjadi, anda harus lebih sabar dalam mengenalkan mereka.
* Tempatkan kandang dimana mereka bisa melihat dan mendengar satu sama lain. Pastikan bahwa kandang tidak terlalu dekat dimana SG bisa saling mencengkeram ekor satu sama lain.
* SG sangat bergantung dari aroma. Saling tukar pouch, mainan bahkan kandang satu sama lain dg SG yang ingin diperkenalkan. setelah sekitar seminggu atau lebih coba lagi mengenalkan mereka pada daerah yang netral.
* Jangan penuhi kandang dengan mainan. kita ingin SG penasaran dengan "SG sebelah kandang"
* Jika pengenalan gagal, coba terus. Tiap  SG berbeda bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk menerima teman barunya. Secara extreme, pada beberapa kasus memerlukan sebulan penuh bahkan lebih agar SG saling menerima satu sama lain.

Tips untuk Sugar Glider yang baru dikenalkan

* Tempatkan SG di kandang yang sama pertama kali di pagi hari. Hal ini dapat menyebabkan kita bisa mengawasi SG tersebut dan bisa memisahkan mereka jika berkelahi.
* Jangan letakan mainan di kandang. Kita ingin agar mereka berinteraksi satu sama lain. Tambahkan mainan seirng waktu berjalan setelah kita yakin mereka menerima satu sama lain.
* Perkelahian kecil adalah normal pada pertama kalinya. Hal ini adalah bagaimana SG menentukan tempatnya di koloni.
* Pastikan untuk meletakkan lebih dari satu tempat tidur/pouch pada minggu pertama mereka.
* Letakkan lebih dari satu tempat makan selama 2-3 hari sampai kita yakin bahwa mereka mau makan bersama.

Cara saya mengenalkan Sugar Glider yang baru

Ternyata masih banyak yang bingung tentang bagaimana cara menggabungkan Sugar Glider yang baru dengan Sugar Glder yang ada saat ini. Hal ini saya perhatikan dari banyaknya post di berbagai forum.
Berikut ini akan saya coba tunjukkan cara mengenalkan Sugar Glider yang baru sesuai dengan yang biasa saya lakukan :

Hal Pertama yang harus saya siapkan adalah waktu. Dimana saya bisa perhatikan mereka sepanjang hari. Saya selalu nekat untuk menyatukan mereka langsung apabila saya mempunyai waktu yang cukup. Apabila SG baru tersebut cukup jinak, saya akan biarkan SG baru tersebut menjelajah melalui luar kandang SG lama.
Setelah itu, saya akan mencoba memasukkan SG baru ke dalam kandang SG lama dengan menyiapkan peralatan perang, sperti handuk atau kain untuk memisahkan mereka.
Berdasar pengalaman dan insting selama ini. Apabila pada pertama kali saya menggabungkan mereka dalam satu kandang secara langsung dan mereka terlihat akur, biasanya selanjutnya akan akur.
Mereka pada awalnya akan saling mengendus dan secara malu-malu mendekati temennya.
Cara mengenalkannya dengan menyingkirkan pouch yang ada di kandang agar mereka saling tertarik. Seperti yang telah disebutkan diatas, berdasar pengalaman dan insting, biasanya saya akan mengetahui secara insting mereka akan dapat hidup akur
Semua ini saya lakukan di waktu yang bisa saya awasi seharian. Bahkan kandang saya bawa ke dalam kamar agar bisa mengawasi mereka selalu.
Apabila terlihat mereka seperti berkelahi, saya lakukan tindakan yang lain yaitu menyediakan kandang tambahan untuk mengenalkan mereka.
Caranya adalah : mendekatkan 2 kandang tersebut tapi tidak terlalu dekat agar menghindari ekor salah satu SG dapat di raih oleh salah satu SG. Beberapa hari kemudian, mencoba saling menukar pouch mereka yang ada di kandang. Setelah itu, beberapa hari berikutnya di ikuti dengan menukar kandang mereka dengan tetap meletakkan pouch SG yang satu di kandang SG yang lain tersebut.
Contohnya seperti ini : Pouch SG baru ditukar dengan pouch SG lama, kemudian menukar kandang SG lama dan pouch SG lama dengan kandang dan pouch SG baru.
Proses ini tidak bisa dilakukan dalam hitungan hari, bahkan bisa sebulan secara extrem.  Menukar pouch dan kandang juga sebaiknya jangan dilakukan dengan segera hanya 1-2 hari saja. Berikan waktu agar SG saling mengenal satu sama lain.
Setelah proses pengenalan dirasa cukup, maka satukan masing-masing SG di dalam 1 kandang yang sama. Lihat apakah mereka berkelahi kembali, Jika masih berkelahi, berarti proses penyatuan itu masih memerlukan waktu yang lama lagi.

Demikianlah cara penyatuan SG baru kepada SG lama, semoga tulisan ini bermanfaat.

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

11 komentar:

catastrophe June 29, 2012 at 3:36 AM  

untung SG lama saya baik om, jadi pas beli yang jantan doi nerimo wae..woles kalo kata anak gahul..hehehehe

Mohd Syazwan Zaki a.k.a Hirosaki Watnabe February 25, 2013 at 1:37 AM  

bagaimana mahu mengenal pasti sugar glider itu betina or jantan

ZX merajalela June 6, 2013 at 7:52 AM  

Om.sya kn bru adopsi SG betina WC, umur 5 bln.pertamanya tk truh kndang kcil, tpi ku msukin d kndang utama SG lama..d endus2. Gk ada shari tak coba gbungin. Si pjantan ngendus2 trus lari. Brkali2 gt. Kdang jga klahi dkit2 gt..tpi smbil sya kntrol trus. Gt gpp kan om? Gk ada tenggat wktu lama mksudnya.gtu nrmal ato emang fktor kbruntngan saya aja?

Abdur Rahman S December 26, 2013 at 4:13 AM  

om mau tanya,tdainya saya punya 3 sg dalem satu kandang dengan 2 jantan satu betina jantan yg satunya itu anakanya yg udah dewasa, nah w beli betina baru untuk sang anak, trus w gabung sang anak dengan betina yg baru dlm kandang yg terpisah dengan induknya, udah sekitar 5 bulan mereka hidup terpisah, sekarang w mau gabungin lagi mereka ber 4, td w coba gak ada perkelahian cuman saling endus, pertanyaan saya, apa kedepannya bakal ada masalah dalam proses perkawinan, atau ip, dengan adanya 1 betina yg bukan sedarah

bukan hitam juga bukan putih July 7, 2015 at 12:26 AM  

sg saya yang pertama betina umur 5 bulan. saya baru beli lg sg jantan umur 1,5 bulan. saya pisahkan kandang mereka tapi bersebelahan. sg betina saya seperti jadi galak. padahal kemarin-kemarin dy sangat tenang dan tidak suka gigit.
hasilnya jadi gigit dan tidak mau dipegang manusia
saat saya mau sentuh sg betina saya, yang jantan beda kandang itu mengeluarkan jeritan. kira-kira ada solusi agar mereka bisa akur mengenal satu saa lain? terimakasih

Unknown March 16, 2017 at 12:39 PM  

Kenapa ya om gw punya sg jantan terus gw satuin sama betina baru tapi jantan gw selalu ngendus ngendus cium cium di bawah buntut betina seperti mencium cium kelamin betina kenapa ya ???

Ema April 22, 2018 at 6:36 PM  

Kak mau tanya , sg saya joey betina umur 1 bulan dan baru adop lagi jantan 1bulan tetapi ukuran si betina lebih besar sedikitx setiap saya satukan si betina langsung menjilati dan menggigiti bagian punggung si jantan, solusinya agar sibetina tidak menjilati dan menggigiti sijantan ,saya harus melakukan apa ? Karna sibetina seperti itu jadi susah menyatukan mereka didalam satu kandang ,terimakasih

Unknown August 24, 2019 at 6:31 AM  

Om kalo SG jantan udah menghuni kandang duluan dari si beti, keduanya masing2 berumur 1,5 bulan. Nah apa bisa nyatuin mereka langsung 1 kandang karna melihat mreka masih Joey???

sonny catro blog August 28, 2019 at 10:23 AM  

bisa kalo dari joey

Katt January 14, 2021 at 5:44 AM  

Gan, mau nanya, punya sg udah 2 tahun, si jantan tiba tiba mati, trus mau nyari temen, tapi pengen beli yg joey jantan . Gmana caranya ya nyatuinnya? Yg betina grey biasa, tapi pengen beli joey jantan yg leucistic (yg putih semua?betul ga tuh?). Itu bisa ga ya?

Ulet kasur March 13, 2021 at 9:54 AM  

Om mau tanya ayam dulu apa telor?

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP