Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Tuesday, May 31, 2011

Pertumbuhan Sang Bayi Sugar Glider atau Joey


Berikut ini adalah gambar pertumbuhan sang joey, hampir tidak mungkin melihat pertumbuhan sang joey ketika masih dalam kantong ibunya. Kalaupun bisa, ini sangat berbahaya sekali.

16 hari setelah kimpoi, SG dapat melahirkan sekaligus 4 anak. 1-2 anak sering kita jumpai, 3-4 anak sangat jarang ditemui. Joey terlahir tanpa bulu, buta dan tuli (telinga sangat rapat ke kepalanya) dan berukuran hampir sebiji kacang hijau. Mereka akan merangkak ke dalam kantong ibunya berdasarkan 'jalur' yang telah dibuat ibunya dengan si ibu menjilati tubuhnya agar joey masuk kedalam kantongnya.
Jika mereka tidak dapat melalui jalur ini, joey akan kelaparan dan bisa berakibat kematian. tapi tentu saja sang ibu akan tetap membimbing sang joey agar masuk kedalam kantongnya. Proses ini biasanya akan memakan waktu sekitar 5 menit sampai joey masuk ke dalam pouch ibunya dan menemukan puting ibunya. Selanjutnya akan memakan waktu selama 2 bulan agar joey bisa sehat didalam kantong tersebut, pada masa ini lah sang ibu kan membutuhkan banyak sekali protein yang diperlukan, jadi sebaiknya berikan protein yang berlebih buat ibunya.
Sangat jarang bisa terlihat joey akan merangkak kedalam kantong ibunya. Meski ada beberapa yang beruntung melihat proses ini. Ada yang berpendapat bahwa kelahiran Joey akan terjadi pada tengah malam. meski ini masih menjadi perdebatan. Jika anda beruntung melihat proses ini, jangan pernah sekalipun mengganggu proses ini.karena akan berakibat sangat fatal bagi joey tersebut, seperti sang ibu kaget hingga akhirnya joey tersesat menuju kantong ibunya. Dan apabila ingin mengetahui apakah di dalam kantong ibunya tersebut mempunyai joey atau tidak (MESKI SANGAT DIANJURKAN JANGAN MELAKUKANNYA) usap pelan perut ibunya, lakukan dengan hati2 agar joey yang sedang menyusu didalam kantong ibunya tidak terlepas dari puting sang ibu, karena apabila terlepas dapat mengakibatkan kematian bagi joey tersebut.

Berikut ini Proses Pertumbuhannaya.
Harap di ingat bahwa ini adalah pertumbuhan setelah joey keluar dari kantung ibunya (OOP/Out Of  Pouch)

Umur 1-2 hari
sangat jarang bisa terlihat (oleh karena itu saya perlihatkan saja gambar sang ibu)



umur 5 hari
umur 6 hari
umur 7 hari
mata biasanya terbuka di umur 7-15 hari out of pouch dan seharusnya sudah bisa mendengar. bulu sangat halus di pundak dan leher, dan sangat tipis dibawahnya. gigi belum terlalu tumbuh, tapi ada 1 yang kecil mulai tumbuh di atasnya, gigi bawah tidak terlalu panjang dan terlihat sperti gusi. Joey akan mulai naik di pundak induknya (bisa jantan/betina). joey masih belum berani menjelajah sekitarnya (kandang). Pada saat ini, joey akan sangat membutuhkan kehangatan karena bulunya belum terlalu tebal, mereka sangat suka tidur ditangan karena hangat dan suka mencoba loncat/glide, oleh karena itu disarankan meletakkan pouch agak kebawah kandang untuk menghindari hal-2 yang tidak di inginkan.



umur 8 hari
umur 9 hari
umur 10 hari

umur 11 hari


umur 12 hari


umur 13 hari


umur 14 hari
memegang/handle joey selama 10-15 menit pada saat ini sangat di rekomedasikan. Joey akan memanggil ibunya selagi kita memegangnya. usahakan joey hangat dengan meletakkannya ditangan kita. Sang ibu akan merasa gugup pertama kali ketika kita mencoba mengambil joey terutama apabila itu adalah kelahiran pertama dia. lebih baik coba mundur sejenak untuk selanjutnya mencoba lagi setelah tenang. Pelan-2 bangun kepercayaan Joey dan ibunya. Berbicara perlahan dengan nada rendah untuk membangun kepercayaan. Segera setelah Joey out of pouch, sang induk mungkin akan kawin kembali. Sangat mungkin bagi ibu untuk melahirkan setelah anaknya mandiri.






umur 15 hari



 
 umur 16 hari

umur 17 hari

umur 18 hari

umur 19 hari

umur 20 hari

umur 21 hari

umur 22 hari

umur 23 hari

umur 24 hari

umur 25 hari

umur 26 hari

umur 27 hari

umur 28 hari

umur 29 hari


umur 30 hari
Joey dapat di handle selama 30 menit sekarang. Mata mulai terbuka lebar dan mulai belajar menjelajah. telinga mulai terbuka ke atas dan mulai bisa mendengar. Bulu mulai merata. Beberapa joey bahkan mencoba untuk loncat pertama kali bagi mereka. Gigi mulai tumbuh, mulai belajar menggigit jari apabila kita mendekatinya.

umur 32 hari



umur 33 hari

umur 35 hari

umur 36 hari

umur 37 hari

umur 38 hari

umur 39 hari

umur 40 hari
Kebanyakan joey pada usia ini akan mencoba menjelajah sekitarnya dan mulai membangun kepribadiannya. Mereka akan berlarian ke sekitar kandang dan mulai mengurangi menaiki pundak ibunya. inilah saatnya kita mencoba bermain kepada mereka. Joey akan mencoba untuk makan sendiri. Meskipun Joey akan mulai mencoba makan sendiri, harap diperhatikan bahwa joey belum siap untuk dipisahkan dengan induknya. Joey masih menyusu ke ibunya untuk mendapatkan vutamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan dan perkembangannya. Joey juga masih belajar "menjadi sugar glider yang baik" melalui orang tuanya seperti kelakuan, suara dan reaksi terhadap manusia.

umur 41 hari

umur 42 hari

umur 43 hari


umur 46 hari

 umur 47 hari

 umur 48 hari

 umur 49 hari

 umur 50 hari

 umur 51 hari

 umur 52 hari

 umur 53 hari

 umur 54 hari

 umur 55 hari

 umur 56 hari


umur 57 hari

umur 58 hari
Pada usia ini, joey sudah sanggup untuk mandiri. sudah berbulu lebat dan makan seperti orang tuanya. Mulai mencoba untuk bermain dan menjelajah serta loncat-2an kesana kemari.
Sebelum memisahkan dari orang tuanya, pastikan joey dapat makan dan minum sendir dan bisa melakukan pup dan pee sendiri.


sumber
http://petpawz.blogspot.com/search/label/sugar%20glider

saya sangat menghargai sekali apabila jika ingin menshare tulisan saya
menyertakan sumber dari tulisan ini

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

7 komentar:

cindy April 5, 2013 at 6:30 PM  

Gambar nya dong gan ..

Anonymous May 27, 2013 at 5:11 AM  

Gambar nya mana mas ??

Anonymous April 5, 2015 at 6:17 PM  

Gambarnya ga ada

egaa April 5, 2016 at 8:56 AM  

Gimana ya cara memotong kuku sg dan aman dari cakaran sg?

egaa April 5, 2016 at 8:56 AM  
This comment has been removed by the author.
Unknown May 16, 2017 at 8:40 AM  

Maaf saya ingin sangat bertanya...sg saya sudah melahirkan sepasang joey jantan dan betina...tp malangnya sampai umur35 minggu ibunya telah terlepas dr kandangnya....kemudian saya telah membeli seekor lagi betina dan cuba utk campurkan dgn pasangan jantan(bapa joey) serta joey....permulaannya si jantan mmg agak garang...saya asing kan lain cage buat sementara waktu selama 3 hari....selwpas itu saya campurkan semula...bila sudah dicampurkan mereka tidak saling bertwngkar lagi...malah sewaktu saya campur betina dan bapa serta joey tadi merwka saling jilat menjilati antara 1 sama lain....soalan saya...adakah normal bagi SG betina baru dicampurkan dgn sibapa serta joey tersebut....? Adakah suatu hari nnti memounyai risiko sibetina membunuh joey tersebut ?

Unknown May 16, 2017 at 8:41 AM  

Maaf saya ingin sangat bertanya...sg saya sudah melahirkan sepasang joey jantan dan betina...tp malangnya sampai umur35 minggu ibunya telah terlepas dr kandangnya....kemudian saya telah membeli seekor lagi betina dan cuba utk campurkan dgn pasangan jantan(bapa joey) serta joey....permulaannya si jantan mmg agak garang...saya asing kan lain cage buat sementara waktu selama 3 hari....selwpas itu saya campurkan semula...bila sudah dicampurkan mereka tidak saling bertwngkar lagi...malah sewaktu saya campur betina dan bapa serta joey tadi merwka saling jilat menjilati antara 1 sama lain....soalan saya...adakah normal bagi SG betina baru dicampurkan dgn sibapa serta joey tersebut....? Adakah suatu hari nnti memounyai risiko sibetina membunuh joey tersebut ?

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP