Cari Info di Blog ini

FACEBOOK SAYA

jika ada pertanyaan silahkan add fb saya
Sonny Catro. Powered by Blogger.

Monday, May 30, 2011

Sugar Glider FAQ ( Frequently Asked Question )

Berikut ini adalah pertanyaan2 yang sering ditanyakan sebelum memutuskan adopt Sugar Glider

Apakah saya harus memelihara lebih dari satu Sugar Glider?

Disarankan untuk memelihara lebih dari satu glider bersama-sama. Dalam liar, sugar glider merupakan hewan sosial dan mereka tampaknya akan jauh lebih sehat dan bahagia. Untuk tujuan penangkaran, yang terbaik adalah minimal tetap satu Jantan dengan dua Betina. Sugar Glider mudah beradaptasi dengan kehadiran satu sama lain dan dengan mudah akan menjadi teman baik.

Apa yang harus saya perhatikan saat mengadopsi Sugar Glider?

Cara terbaik untuk jawaban ini adalah hanya untuk menggunakan akal sehat. anda ingin hewan yang aktif dan sehat. Tanda-tanda kesehatan yang baik dapat dilihat melalui terang, mata hitam dan  otot yg kuat. Jika ada keraguan tentang kualitas atau kesehatan hewan, jangan membelinya. Baby Sugar glider glider versus dewasa selalu lebih baik untuk orang dewasa, tapi kadang-kadang ketersediaan (dan dompet anda) dapat membuat kita sulit untuk mendapatkannya. Bayi atau Joey tetapyang lebih baik karena mereka akan lebih mudah untuk terikat dengan anda (bonding). Plus, ikatan dengan Joey akan lebih mudah dan akan selalu lebih kuat dari ikatan yang dikembangkan pada sugar glider dewasa. Sugar glider dewasa boleh saja, tetapi jika mereka belum ditangani dengan baik, itu bisa menjadi perjuangan yang berat untuk bondingnya.

Apakah Sugar glider memiliki bau menyengat?

Bau utama yang dilepaskan oleh glider adalah bau hewan pada umumnya, tapi tidak kuat sama sekali dan jika kandang mereka tetap bersih, anda tidak akan pernah mencium bau apa pun. Sugar glider jantan tidak mengeluarkan bau sebelum kawin. Meskipun tidak benar-benar berbau, itu adalah bau yang berbeda, dan dapat mencemari udara sebuah kamar untuk satu atau dua minggu apalagi dalam ruangan yang berpendingin udara (AC). Sugar Glider sangat tergantung pada indera penciuman mereka yang sangat baik untuk mengidentifikasi sugar glider lainnya, serta pemiliknya. Jantan memiliki dua kelenjar bau yang mereka gunakan untuk menandai - satu terletak di leher mereka dan yang lainnya di atas kepala mereka (terlihat seperti pitak / botak). Ketika sang jantan terbiasa dengan lingkungan mereka, mereka akan menandai objek dengan menggosok perut mereka bolak-balik atas objek. Mereka juga akan menandai setiap betina dalam koloni mereka mengusap dengan dagu betina itu dengan kepala mereka.
Pee dan pupnya tidaklah terlalu berbau, selama kita memberikan makanan yang cocok utk mereka, apabila kita memberikan makanan dan minuman yang mengandung banyak protein (seperti ulat dan jangkrik walau ini adalah makanan kesukaaan mereka) pee dan pup nya cenderung akan lebih ber 'aroma'.

Apa suara yang dibuat Sugar glider?

Sugar glider (sejauh yang kita tahu) membuat 4 suara yang berbeda. Yang pertama adalah suara 'pergi dari ku'.  Terdengar mirip dengan rautan pensil listrik. Suara ini juga disebut sebagai 'crabbing'. anda akan banyak mendengar ini pada awalnya, tetapi setelah sebulan anda akan mempelajari apa yang mereka sukai dan tidak mereka sukai dan anda mungkin tidak pernah mendengar hal ini lagi (mudah-mudahan) selanjutnya. Yang kedua adalah suara seperti mengkerik ‘kerik bahagia’(chitering), yang mereka lakukan ketika gembira atau bahagia. Yang ketiga adalah suara ‘tenang’ yang kita belum dapat menemukan tujuan di balik semua ini (selain komunikasi sederhana). Suara keempat adalah ‘tajam menggonggong keras atau barking’. Kami yakin ini adalah semacam panggilan untuk sugar glider lain atau hanya untuk mencari perhatian dari pemilik.

Apakah Sugar Glider galak ???

Jawabannya adalah  YA !!! Bila anda membelinya (adopt) dari pedagang yang belum dibiasakan dengan manusia untuk SG nya. Sugar Glider mempunyai gigi yang kuat, terutama gigi bagian bawahnya. Kalo digigit di jamin berasa 2 harian deh. tp semua itu bisa diajarkan ke sugar glider untuk tidak menggigit.
Agar sugar glider jinak, kita harus sering 'bermain' / handle dengan mereka. Proses ini disebut bonding yaitu proses pengenalan sugar glider kepada pemiliknya. proses bonding bisa bermacam-2, seperti sering mengajak sg bermain dengan kita, proses handfeed (memberikan makanan kepada sg langsung dengan tangan kita), meletakkan baju (kolor juga boleh) kedalam kandang (yang berguna agar sg mengenali bau tubuh kita). Saya sendiri mengelap pouch (tempat untuk sg tidur) ke badan yang berkeringat terlebih dahulu, saya juga meletakkan baju yang sengaja saya pakai selama seminggu dengan saya selalu usahakan berkeringat sebagai penutup kandang mereka. dll dll dll

Makanan apakah yang diberikan ???

Para pemilik sg disini rata-2 memberikan 'anak-2' nya dengan bubur beras untuk bayi kepada sg dengan dicampur racikan yang dibuat oleh 'ibu' dari anak-2 mereka yaitu sis julylie yang kadang-2 juga dicampur dengan madu atau yoghurt. Sugar glider juga membutuhkan minuman. Air bersih harus disediakan sepanjang hari, (disarankan air mineral/yang telah melalui proses penyulingan) atau juice buah, dan bisa diletakkan di dalam tempat minum untuk hamster (disarankan juga yang ada bola nya agar air tidak mengotori kandang) atau bisa diletakkan dalam wadah kecil yang berat sehingga tidak mudah tumpah pada saat sugar glider bermain2. Selain itu makanan yang diberikan bisa berupa buah2an dan serangga. Buah yang bisa diberikan seperti pepaya, pisang, melon, apel, pear, dll sangat disukai oleh sugar glider. Selain itu bisa juga diberikan umbi2an seperti bengkoang, wortel rebus, ubi rebus. Sugar glider setiap hari membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup besar (mencapai 40%). Oleh karena itu selain memberikan buah2an bisa diberi tambahan berupa serangga (jangkrik) dan ulat untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Jenis makanan yang diberikan sebaiknya bervariasi. Misalnya di lakukan rotasi setiap 3 hari, yaitu buah2 dengan serangga, sayur (wortel rebus) dengan ulat, dan jangkrik. Jenis2 ini selalu diberikan secara bergilir untuk memenuhi kebutuhannya. Jika mendapatkan diet yang benar sugar glider akan hidup dengan sehat .
Pembahasan tentang makanan yang boleh atau dilarang bagi SG akan dijelaskan pada post tersendiri.

Captive Breed ataukah Wild Caught ???

Sebelum membeli sugar glider, harus dipertimbangkan akan membelinya berupa apa ? Maksudnya adalah apakah akan membeli liar(wild captive/wc) atau yang sudah diternakkan (captive breed/cb). Sugar glider wc dapat ditemui di pasar-2 burung atau di pet shop di kota anda ataupun juga di forum fjb kaskus. Sedangkan captive breed, masih jarang ditemui breeder di indonesia, salah satunya adalah july dan semoga saya sendiri nantinya.
Perbedaan yang mendasar dari wc dan cb adalah jinak/liarnya serta kondisinya, karena didapat dari liar, maka sg wc cenderung akan susah untuk menjinakkannya dan kondisinya kadang tidak terurus karena sang penjual hanya mempertimbangkan keuntungan saja tanpa peduli kondisi mereka.

Kandang seperti apa yg dibutuhkan???

Prinsipnya, kandang yang digunakan semakin besar dan tinggi akan semakin bagus karena sugar glider sangat menyukai aktivitas memanjat dan melompat. Ukuran kandang bisa digunakan dengan ukuran jeruji yang cukup kecil (1,2cm). Untuk mencegah sugar glider kabur dari kandang. kami disini menyarankan minimal kandang hamster 3 tingkat. Di dalam kandang sebaiknya diletakkan cabang/dahan2 pohon untuk sugar glider bisa memanjat dan bermain2. Sebaiknya hindari dahan yang diambil dari tanaman yang menghasilkan getah karena bisa membahayakan kesehatan dari hewan ini. Selain itu bisa diletakkan kotak sarang untuk sugar glider bisa bersembunyi, bahannya bisa dari apa saja , antara lain kaos kaki bekas, batok kelapa untuk minum burung beo, kain yang telah dimodif seperti kantong, atau bahkan kita bisa membelinya kepada pembuat cage pouch ini, dll. Selain itu kandang bisa dilengkapi dengan mainan seperti wheel untuk hamster dan mainan2 lainnya untuk sugar glider bisa bermain2.
Kandang bisa diletakkan di dalam maupun di luar ruangan, hanya saja hindari penempatan kandang dalam ruang ber-ac. Jika diletakkan di dalam, kandang harus sering dibersihkan untuk menghindari bau yang tidak enak (biasanya dari teritorial marking jantan). Jika kandang yang digunakan tidak terlalu besar, biarkan sugar glider untuk bermain2 di luar kandang setiap hari selama beberapa waktu 

Berapa lama hidup Sugar glider?

Usia hidup di penangkaran: Sugar glider dapat hidup selama 10-15 tahun jika mereka dirawat dengan benar.

Beberapa hal yang penting
*Air harus SELALU  tersedia untuk sugar glider anda minum. Gunakan salah satu tempat minum kecil atau botol air yang dirancang untuk mamalia kecil. Seperti tempat minum untuk hamster (disarankan yang ada bola diujung air keluar). Akan lebih baik bila menggunakan air kemasan atau air yang telah disuling.

*Makanan juga harus selalu tersedia di ditempat makan kecil atau buah segar. Pemberian diet (makanan yang direkomendasikan) akan dijelaskan di bahasan tersendiri.

*Jangan pernah diberi makan cokelat, atau memberikan mereka makanan yang mengandung bahan berbahaya atau racun. Apa yang boleh dan tidak dibolehkan mengenai makanan akan di bahas tersendiri.

*Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan membunuh mereka. Pastikan bahwa anda memberikan sugar glider vitamin / suplemen kalsium.

*Sehat mata berwarna hitam tanpa bintik-bintik putih atau mengaburkan. Mereka harus cerdas, waspada, dan responsif.

*Sebuah hidung yang sehat berwarna merah jambu dan lembab tanpa lendir atau kerak. Setiap suara kelainan dalam bernafas adalah tanda sugar glider anda tidak sehat

*Gusi dan membran harus pink. Harus bebas dari lesi, atau merasa kering.

*Telinga harus dapat kembali ke bentuk aslinya. Kotoran telinga tidak harus ada. Carilah tungau telinga.

*Kaki harus merah muda dan lembut. Periksa kaki terluka. Potong kuku dengan gunting kuku kecil, atau menggunakan kikir atau exercise wheel.

*Waspadai penyakit yang ditemukan dalam sugar glider. Sugar glider biasanya hanya menunjukkan tanda-tanda sakit ketika mereka dekat dengan kematian, sehingga sangat penting untuk bereaksi cepat ketika ada kelainan.

Saya kemungkinan akan sangat jarang sekali membalas pertanyaan" teman" di blog ini.

Jika ada pertanyaan" mohon kiranya bertanya di grup facebook kami di ( klik saja ) SGFC 
di grup ini kita saling berbagi pengalaman bersama dan tentunya menambah teman.
atau datang ke acara gath rutin kami di halte dukuh atas samping patung sudirman setiap hari minggu pagi dari jam 06.00  pagi sampai dengan jam 10.30 pagi di acara car free day
yang ingin mencari teman sesama pencinta sugar glider
meminta tolong di ajari cara potong kuku gratis dll

gabung yukkkk
-->

7 komentar:

Erra Kyra February 17, 2013 at 7:34 AM  

terima kasih atas pengkongsian nya.. sy risau sgt ni. SG sy mengeluarkan bunyik aneh. kerap pula bunyik nya.. jadi risau.. seperti bunyik belon keluar angin.tapi y tersekat2.

Unknown September 23, 2013 at 7:24 AM  
This comment has been removed by the author.
Unknown September 24, 2013 at 12:25 AM  

Kalau kelenjar bau di Sg itu bau gak?

Anonymous February 21, 2014 at 1:40 AM  

pangkur itu apa ya

Unknown November 21, 2015 at 9:54 AM  

Gan mau tanya ni kalo sg kaya keselek gitu kenapa ya

Unknown November 21, 2015 at 9:55 AM  

Gan mau tanya ni kalo sg kaya keselek gitu kenapa ya

Unknown June 20, 2016 at 12:28 PM  
This comment has been removed by the author.

Bergabung di komunitas kami

Followers

  © Blogger template 'Tranquility' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP